Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Pencairan Es dan Gletser Menaikkan Permukaan Air Laut?

Kompas.com - 22/08/2022, 09:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Kenaikan permukaan laut menjadi salah satu konsekuensi dari pemanasan global yang terus mendapatkan perhatian khalayak ramai. Pencairan lapisan es dan gletser bertanggung jawab atas kenaikan permukaan air laut.

Suhu yang lebih tinggi telah menyebabkan permukaan laut naik dengan dua cara, yaitu mencairnya lapisan es dan gletser dan ekspansi termal air laut.

Dilansir dari laman Center for Science Student, Sabtu (20/8/2022) tercatat bahwa sejak tahun 1900, permukaan laut telah naik rata-rata antara 1-2 Mm per tahun atau 10-20 cm per abad.

Selama 3000 tahun sebelumnya, para ilmuwan memperkirakan kenaikan permukaan laut hampir konstan dengan kecepatan 0,1-0,2 Mm per tahunnya.

Untuk memperkirakan permukaan laut rata-rata global ini, para ilmuwan menggunakan data dari pengukur pasang surut air laut yang tersebar di seluruh dunia.

Selain memakai pengukur pasang surut, sejak tahun 1992 juga telah diamati permukaan laut global menggunakan data satelit. Hasil dari pengamatan satelit lebih akurat dibandingkan pengukur pasang surut.

Baca juga: Pemanasan Kutub Utara dan Pencairan Es Laut Arktik Pengaruhi Atmosfer

Terkait  dan dampaknya pada kenaikan permukaan laut, berdasarkan laporan Intergovernmental Panel on Climate Change AR4, pengukuran satelit menunjukkan tingkat kenaikan permukaan laut sebesar 3 Mm per tahun, jauh lebih tinggi daripada pengukur pasang surut.

Beberapa ilmuwan menduga satelit tidak dikalibrasi dengan benar, sedangkan lainnya mengira perbedaan ini mungkin dikarenakan pengukuran satelit mencakup sebagian besar dunia dibandingkan pengukur pasang surut yang hanya berada di dekat garis pantai.

Di masa depan, perubahan muka air laut global diprediksi akan lebih cepat, dengan banyaknya kenaikan permukaan laut mayoritas tergantung pada jumlah pemanasan global yang terjadi.

Menurut Laporan Penilaian Keempat IPCC (2007), pada pertengahan tahun 2090-an, permukaan air laut global dapat mencapai 22-44 Cm di atas permukaannya pada tahun 1990 dan naik sekitar 4 Mm per tahunnya.

Pencairan es dan gletser

Di dunia, terdapat sekitar 24-30 juta km kubik es di darat, dengan sekitar 90 persen dari es ini terletak di Antartika, sementara sisanya berada di Greenland dan terkunci di gletser gunung di tempat lainnya.

Saat suhu global meningkat, sebagian dari es tersebut mulai mencair. Saat pencairan lapisan es terjadi, air lelehan mengalir ke laut yang secara bertahap menaikkan permukaan laut.

Baca juga: Es di Permukaan Laut Arktik Berkurang Mendekati Rekor Terendah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com