Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darah Berwarna Merah tapi Kenapa Pembuluh Darah Berwarna Biru? Ini Penjelasan Sains

Kompas.com - 10/08/2022, 19:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Seperti yang diketahui, darah memiliki warna dasar merah, tetapi setiap kali melihat kulit tubuh kita dan mencari pembuluh darah pasti kita akan melihat garis-garis tubuh berwarna biru. 

Lantas, mengapa darah berwarna merah dan pembuluh darah berwarna biru?

Dilansir dari Live Science, Senin (8/8/2022), berbedanya warna darah dan pembuluh darah yang terlihat di kulit kita itu bukanlah sesuatu yang aneh, ada penjelasan ilmiah dari hal ini.

Mekanisme darah berwarna merah

Darah memang pada dasarnya berwarna merah. Hal ini terjadi karena setiap molekul hemoglobin atau protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen, mengandung empat atom besi, yang memantulkan cahaya merah dan memberi darah kita warna merah.

Menurut asisten profesor hematologi di Fakultas Kedokteran Washington di Seattle, Dr. Kleber Fertrin mengatakan, warna merah pada darah ini bisa berubah tergantung pada tingkat oksigen dalam darah seseorang.

Ketika hemoglobin mengambil oksigen di paru-paru, darah berwarna merah ceri cerah saat menuju ke arteri dan keluar ke jaringan di sekitar tubuh kita.

Baca juga: Apa Fungsi Sel Darah Merah?

Namun, saat dalam perjalanan kembali ke paru-paru, setelah sel-sel darah mengirimkan oksigen ke jaringan di seluruh tubuh, darah terdeoksigenasi yang mengalir melalui pembuluh vena berwarna merah atau lebih gelap lagi.

Mekanisme warna biru pembuluh darah

Warna darah beragam dari merah ceri cerah hingga merah gelap, namun saat seorang petugas kesehatan mencoba mengambil sampel darah dari tubuh seseorang mereka akan mencari aliran darah yang terlihat berwarna biru di tubuh kita.

Aliran darah di bawah kulit itu biasanya dikenal orang awam dengan sebutan pembuluh darah. Sementara, dalam catatan medisnya, aliran darah itu disebut Vena.

Vena adalah pembuluh darah yang berfungsi mengembalikan darah dari seluruh tubuh ke jantung.

"(Vena biru atau hijau) hampir seperti ilusi yang disebabkan oleh fakta bahwa (pembuluh darah) berada di bawah lapisan kulit yang kecil namun signifikan ini. Warna (pembuluh darah) yang kita lihat didasarkan pada panjang gelombang yang ditangkap retina kita," jelas Fertrin.

Baca juga: Pembuluh Darah Ashanty Meradang karena Autoimun, Apa Itu?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com