Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menjaga Kesehatan Tulang agar Tak Mudah Rapuh

Kompas.com - 01/08/2022, 08:05 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tulang mempunyai fungsi utama untuk menopang dan menggerakkan tubuh. Tulang adalah organ keras dari semua jaringan dalam tubuh yang bersifat kuat dan kaku, serta sulit dibengkokkan

Seiring bertambahnya usia, menjaga kesehatan tulang sangatlah penting. Tulang yang sehat di usia senja membantu tetap produktif dan tetap aktif.

Kesehatan tulang ini bisa dijaga dengan memberikannya banyak tekanan melalui berbagai aktivitas gerak, agar tulang menjadi padat dan kuat. Kepadatan tulang yang rendah membuat tulang rapuh dan lebih mudah patah.

Baca juga: Apa Fungsi Tulang Ekor?

Selain itu, tulang membutuhkan kalsium yang cukup untuk menjadi padat dan kuat melalui proses kalsifikasi atau pemadatan tulang. Kebutuhan kalsium harian masing-masing kelompok umur berbeda.

Untuk kelompok usia 19-50 tahun, membutuhkan 1300 mg kalsium per hari, serta usia di atas 51 tahun memerlukan 1200 mg kalsium per hari untuk wanita dan 1000 mg per hari untuk pria.

Dokter spesialis bedah ortopedi dr. Isa An Nagib, Sp.OT(K), FCIS mengatakan, mineral substansial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang bisa diperoleh dari makanan tinggi kalsium seperti susu, kacang almond, youghurt, dan brokoli.

Kendati begitu, kalsium yang terkandung di dalam makanan-makanan tersebut juga tidak bisa terserap secara keseluruhan ke tulang. 

“Per 100 gram asupan makanan misal brokoli, telur, salmon, almond, hanya diserap 50 mg kalsium,” ujar Isa dalam diskusi kesehatan IMBOOST Bone yang diadakan oleh PT SOHO Global Health, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: 6 Fungsi Tulang Rangka pada Manusia

Isa menambahkan, untuk itu dibutuhkan suplemen yang bisa membantu mencukupi kebutuhan kalsium harian.

Tapi, kalsium dalam suplemen pun tidak bisa terserap sepenuhnya, sehingga dibutuhkan magnesium, vitamin K2, dan vitamin D3 agar penyerapan kalsium semakin maksimal.

Meskipun kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang, Isa mengingatkan untuk tidak berlebihan mengonsumsinya, karena justru bisa berbahaya.

Kalsium yang terlalu tinggi tidak diserap tulang dengan baik dan diedarkan ke darah yang bisa menyebabkan hipertensi, penyumbatan pembuluh darah jantung, plak pada dinding pembuluh darah, nyeri dada, batu saluran kemih, dan osteoartritis.

“Guna mengurangi penumpukan kalsium dalam darah ini diperlukan magnesium, vitamin K2, dan vitamin D3,” papar Isa.

Baca juga: Jaga Kesehatan Tulang, Kenali Vitamin dan Mineral yang Diperlukan!

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com