Bagaimana Evolusi Penguin Mengubah Burung Ini Jadi Perenang Handal?

Kompas.com - 22/07/2022, 10:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Evolusi penguin berasal dari nenek moyang burung laut yang bisa terbang, kini menjadi perenang handal yang tidak lagi bisa terbang yang menghuni lingkungan laut Antartika yang dingin hingga Kepulauan Galapagos.

Para ilmuwan menyebut bahwa evolusi penguin menjadi salah satu keajaiban kerajaan hewan yang paling mengagumkan.

Dikutip dari Reuters, Kamis (21/7/2022), para peneliti memeriksa kembali sejarah dan asal-usul penguin lebih dari 60 juta tahun yang lalu.

Mereka juga mengidentifikasi serangkaian gen yang penting dalam adaptasi terkait dengan penglihatan bawah air, penyelaman yang lama, pengaturan suhu, diet hingga ukuran badan.

Dalam studi ini, para peneliti juga mengurutkan genom dari 20 spesies dan subspesies penguin yang masih hidup.

Lebih dari tiga perempat spesies penguin yang diketahui sekarang telah punah, dan dalam penelitian ini, mereka juga memasukkan data kerangka dari 50 spesies fosil nenek moyang penguin dalam analisis mereka.

Para peneliti mengatakan bahwa penguin berevolusi dari nenek moyang yang sama dengan sekelompok burung laut yang mencakup elang laut dan petrel.

Baca juga: Penguin Langka dari Antartika Ini Tersasar sampai Selandia Baru

Dalam evolusi penguin, peneliti menjelaskan bahwa penguin pertama kali mengembangkan kemampuan menyelam, kemudian kehilangan kemampuan untuk terbang saat mereka harus beradaptasi dengan alam air, menjadi perenang dan penyelam yang handal.

Penguin paling awal diketahui berasal dari Waimanu Manneringi, sekarang Selandia Baru, pada 61 juta tahun yang lalu, sekitar 5 juta tahun setelah peristiwa kepunahan massal yang menghancurkan dinosaurus.

"Bagi saya, penguin adalah contoh sempurna dari transisi evolusi besar, seperti evolusi gaya hidup akuatik pada paus atau kelelawar," kata ahli paleontologi burung Daniel Ksepka dari Bruce Museum di Greenwich, Connecticut, rekan penulis studi tersebut.

Studi evolusi penguin ini telah diterbitkan di jurnal Nature Communications.

"Kita tahu penguin berevolusi dari burung terbang, tetapi itu terjadi lebih dari 60 juta tahun yang lalu dan kita perlu melihat catatan fosil untuk mengumpulkan di mana, kapan, dan bagaimana itu terjadi," kata Ksepka.

Ia menambahkan, "Selain itu, penguin adalah makhluk yang sangat menawan. Mereka mencintai, mereka bertarung , mereka mencuri, dan karena postur tegak mereka yang lucu, sangat mudah untuk membayangkan mereka memiliki motivasi yang sama dengan manusia,".

Studi ini menggambarkan bagaimana perubahan suhu global dan pergeseran arus laut utama telah menjadi pendorong penting dalam evolusi penguin.

Baca juga: Penguin Langka dari Antartika Ini Tersasar sampai Selandia Baru