Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diagnosis dan Penanganan Hepatitis Akut Misterius pada Anak

Kompas.com - 12/07/2022, 18:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Banyak hal yang masih terus dipelajari para ahli terkait hepatitis akut misterius pada anak, tetapi banyak hal juga yang sudah bisa kita pelajari dari sekarang, terutama soal diagnosis dan penanganannya. 

Hepatitis akut misterius adalah penyakit peradangan pada organ hati yang tidak disebabkan oleh virus hepatitis yang telah ada.

Ada 5 tipe hepatitis yang telah diketahui sebelum hepatitis akut misterius pada anak-anak mulai melanda sebagian negara di dunia, kelima tipe atau jenis tersebut yakni hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan hepatitis E.

Pada kelima tipe penyakit hepatitis yang ada, sudah diketahui secara pasti jalur dan mekanisme transmisi atau penularan, gejala, serta penyebab utama penyakit hepatitis itu terjadi, yakni infeksi virus hepatitis A (HAV), virus hepatitis B (HBV), virus hepatitis C (HCV), virus hepatitis D (HDV) dan virus hepatitis E (HEV).

Dengan indikasi ini, berikut cara para ahli terkait mendeteksi seorang anak apakah memiliki potensi terinfeksi hepatitis akut misterius atau tidak.

Selain itu, mereka juga akan melakukan penganan atau perawatan yang tepat. Namun, di sisi lain, masyarakat juga diminta untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran diri untuk mencegah potensi transmisi ini terjadi.

Baca juga: Halo Prof! Hepatitis Akut Misterius pada Anak, Apa yang Orangtua Harus Tahu?

Diaganosis hepatitis akut misterius

Untuk mendeteksi atau mendiagnosis hepatitis akun misterius pada anak-anak ini, akan dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Pada pemeriksaan laboratorium, bisa didapatkan peningkatan hasil Serum Glutamin Oxaloacetic Transaminase (SGOT) dan Serum glutamic Pyruvic Transaminase (SGPT).

Keduanya adalah enzim yang membantu organ hati mencerna protein dan lemak.

Pada anak dengan hepatitis akut misterius, hasil pemeriksaan laboratorium terkait SGOT dan SGPT bisa mencapai lebih dari 500 unit/liter atau lebih dari 10 kali dari nilai normal.

Saat ditemukan hasil pemeriksaan ALT (SGPT) dan AST (SGOT) tinggi lebih dari 500, maka akan dilakukan pemeriksaan lanjutan yang mencakup beberapa hal berikut.

  • IgM anti-HAV
  • HBsAg
  • IgM anti-HBc (bila HBsAg positif)
  • Anti-HCV atau HCV RNA
  • IgM anti-HDV (bila HBsAG positif)
  • IgM anti-HEV

Seorang anak akan dinyatakan sebagai probable hepatitis akut misterius apabila hasil diagnosis pemeriksaan minimal yang ada yaitu IgM anti-HAV negatif, HBsAg negatif atau IgM anti-HBc negatif (pada HBsAg positif), dan Anti-HCV atau HCV RNA negatif.

Baca juga: Hepatitis Akut Misterius Masuk Kategori Kejadian Luar Biasa, Apa Bedanya dengan Pandemi?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com