Hilang 70 Tahun, Situs Fosil di Brasil Kembali Ditemukan

Kompas.com - 29/06/2022, 17:45 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Akhirnya para ilmuwan menemukan kembali situs fosil yang hilang di Brasil, setelah awalnya ditemukan 70 tahun yang lalu.

Kondisi geologis yang unik di situs terpencil telah lama hilang, melestarikan harta paleontologi yang dapat membantu menjelaskan salah satu peristiwa kepunahan terbesar dalam sejarah.

Situs yang ditemukan kembali dikenal sebagai Cerro Chato, terletak di dekat perbatasan Brasil dengan Uruguay di negara bagian selatan Rio Grande do Sul.

Baca juga: Di Mana Situs Arkeologi Tertua di Dunia?

Sekitar 260 juta tahun lalu menjelang akhir periode Permian (299-251 juta tahun lalu), kondisi di situs ini ideal untuk menjebak dan mengawetkan organisme mati.

Akibatny,a beberapa lapisan berbatu di Cerro Chato penuh dengan fosil, terutama tumbuhan yang biasanya tidak memfosil.

Ahli paleontologi yang pertama kali menemukan Cerro Chato pada tahun 1951 sangat tertarik dengan peninggalan Permian yang begitu terpelihara dengan baik.

Sayangnya, tanpa landmark yang mudah diingat atau teknologi modern seperti GPS, maka tidak dapat merekam koordinat geografis situs secara akurat, dan saat berusaha untuk kembali ke harta karun Permian, suli untuk menemukannya kembali.

Setelah beberapa kali mencoba menelusuri kembali langkah tersebut, tim menghentikan pencarian dan menyatakan situs tersebut hilang.

Namun, sekelompok peneliti baru telah berhasil menemukan lokasi yang hilang pada tahun 2019.

"Selama beberapa dekade, lokasi geografis ini tidak diketahui. Peneliti baru melakukan perburuan harta karun besar-besaran untuk menemukannya lagi," kata Joseline Manfroi, ahli paleobotani di University of Vale do Taquari di Rio Grande do Sul seperti dikutip dari Live Science, Rabu (29/6/2022).

Beruntungnya, kesempatan untuk terus menulis sejarah situs melalui catatan fosil kembali dapat dilakukan setelah sekian lama.