Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Bayi Tak Perlu Mandi Setiap Hari, Apa Alasannya? Dokter Jelaskan

Kompas.com - 26/06/2022, 19:05 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Baru Jadi Ortu

Waswas soal tumbuh kembang si kecil?

Sigap konsultasi ke dokter anak via Kompas.com

KOMPAS.com - Berbeda dengan orang dewasa, bayi tidak perlu mandi setiap hari. Ini karena kulit bayi lebih sensitive dari kulit orang dewasa.

Apalagi, umumnya bayi juga tidak berkeringat atau terpapar debu dan polusi seperti orang dewasa.

Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah – Pondok Indah dr William Jayadi Iskandar, Sp.A menjelaskan, mandi merupakan kegiatan untuk membersihkan tubuh bayi yang tidak perlu dilakukan setiap hari, khususnya pada bayi baru lahir.

Baca juga: Ketahui Penyebab Kepala Bayi Peyang dan Cara Mengatasinya

“Jika mandi setiap hari, kemungkinan justru dapat mengganggu mekanisme pertahanan kulit bayi, seperti kelembapan, kelenjar minyak, dan pori-pori,” ujar dr William.

Lebih lanjut ia mengatakan, area tubuh bayi yang perlu dibersihkan secara rutin adalah wajah, leher (terutama lipatan leher), tangan, dan bokong/kemaluan.

“Gunakan air hangat saat memandikan bayi dan hindari sabun antiseptik atau sabun yang beraroma, karena kandungan zat kimiawi dalam parfum atau antiseptik dapat mengiritasi kulit bayi,” jelasnya.

ilustrasi bayiUnsplash/Omar Lopez ilustrasi bayi

Sementara waktu terbaik untuk memandikan bayi adalah saat bayi bangun tidur dan hindari waktu sebelum atau sesudah makan.

“Pastikan ruangan hangat, air hangat untuk mandi, dan siapkan handuk serta baju bersih untuk dipakai setelah mandi,” pungkasnya.

Jika bayi memiliki kondisi kulit tertentu, konsultasikan pada dokter anak untuk mendapat perawatan yang tepat, termasuk mengatur rutinitas agar bayi tetap merasa nyaman.

Baca juga: Waspada Dehidrasi pada Bayi, Ini Gejala dan Penyebabnya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com