Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Abrasi, yang Sebabkan Puluhan Rumah di Minahasa Selatan Tenggelam?

Kompas.com - 16/06/2022, 17:01 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 20 rumah warga dan jembatan di Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara ambles tenggelam dikarenakan abrasi laut pada 15 Juni kemarin.

Lokasi bencana terjadi di dua kelurahan yang terletak di Kecamatan Amurang, yaitu Kelurahan Bitung dan Kelurahan Uwuran Satu.

Bencana yang terjadi tidak menimbulkan korban jiwa, tapi sejumlah bangunan dan infrastruktur di pesisir pantai dipastikan rusak.

Baca juga: Apa Perbedaan Erosi dan Abrasi?

Apa itu abrasi?

Abrasi adalah suatu proses alam berupa pengikisan tanah di daerah pesisir pantai yang disebabkan ombak dan arus laut bersifat merusak. Terkadang, abrasi disebut sebagai erosi pantai.

Salah satu kerusakan garis pantai ini dapat dipicu karena terganggunya keseimbangan alam di daerah pantai tersebut. Meskipun umumnya abrasi diakibatkan oleh gejala alam, sebenarnya cukup banyak perilaku manusia yang juga ikut menjadi penyebab abrasi pantai.

Sederhananya abrasi adalah pengikisan di daerah pantai akibat gelombang dan arus laut yang sifatnya destruktif atau merusak.

Dikarenakan adanya pengikisan tersebut, sehingga menyebabkan berkurangnya daerah pantai, di mana wilayah yang paling dekat dengan air laut menjadi sasaran pengikisan.

Abrasi yang dibiarkan, akan terus mengikis bagian pantai dan air laut bisa membanjiri daerah di sekitar pantai tersebut.

Penyebab abrasi

Secara umum terdapat dua penyebab abrasi yaitu faktor alam dan faktor manusia, dengan definisi berikut ini:

- Faktor alam

Faktor alam yang dapat menyebabkan terjadinya abrasi antara lain seperti pasang surut air laut, angin di atas lautan, gelombang laut serta arus laut yang sifatnya merusak.

Faktor alam yang menyebabkan abrasi ini tidak dapat dihindari karena laut memiliki siklusnya tersendiri.

Dalam suatu periode tertentu, angin akan bertiup sangat kencang sehingga menghasilkan gelombang dan arus laut yang besar dan dapat menyebabkan pengikisan pantai.

Baca juga: Atasi Abrasi dengan Mangrove, Taraf Hidup Masyarakat Ikut Meningkat

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com