Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/06/2022, 07:02 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Berbagai makhluk hidup yang tinggal salam satu habitat akan berinteraksi dengan cara yang berbeda-beda, baik itu interaksi yang menguntungkan ataupun merugikan. Salah satu bentuk interaksi makhluk hidup adalah predasi.

Pengertian predasi dan contohnya

Predasi adalah interaksi antar makhluk hidup yang ditandai adanya pemangsa dan yang dimangsa. Perilaku predasi ini termasuk aksi memburu, menangkap, dan membunuh mangsa. Interaksi jenis ini menguntungkan bagi pemangsa, namun merugikan bagi mangsa.

Walaupun begitu, adanya interaksi predasi ini merupakan bagian dari rantai makanan. Aksi memangsa hewan lain ini merupakan bentuk dari menjaga keseimbangan ekosistem dan kontrol populasi.

Interaksi antar spesies yang merupakan predasi adalah ular dan tikus. Selain itu, berbagai interaksi hewan karnivora juga merupakan contoh dari predasi. Interaksi predasi ini bisa dilakukan oleh individu, seperti macan tutul dan ular, ataupun kelompok, seperti serigala dan hyena.

Namun, perlu diingat bahwa predator sebagai pelaku predasi tidak hanya binatang. Ada pula tumbuhan yang merupakan predator, contohnya kantung semar yang memakan serangga.

Baca juga: Kelelawar Berdengung seperti Lebah untuk Menakuti Predator

Adaptasi predasi

Interaksi predasi yang sulit membuat predator harus beradaptasi dengan berbagai kondisi untuk mendapatkan mangsanya. Pertama-tama, pemangsa biasanya menunjukkan fitur tubuhnya untuk mengintimidasi mangsa, misalnya dengan menunjukkan taring atau cakarnya.

Selain itu, bentuk adaptasi pemangsa berikutnya adalah kemampuan untuk menunjangnya menangkap mangsa. Misalnya ular yang memiliki kemampuan merasakan panas tubuh mangsanya untuk mendeteksi keberadaannya. Contoh lainnya adalah kemampuan burung hantu untuk mengetahui lokasi tikus dari suaranya ketika malam hari dan minim cahaya.

Tapi, tidak hanya predator yang dilengkapi kemampuan adaptasi yang menarik. Mangsa yang menjadi incaran juga memiliki kemampuan beradaptasi. Kemampuan beradaptasi mangsa yang paling umum adalah kamuflase.

Kamuflase membantu mangsa agar tampak menyatu dengan tempat yang ia hinggapi agar tidak terlihat oleh predator. Contoh hewan yang bisa berkamuflase adalah bunglon yang bisa mengubah warna tubuhnya dan belalang yang mirip dengan daun di sekitarnya.

Namun, ada juga mangsa yang justru menampakkan warna yang mencolok sebagai peringatan untuk tidak memakannya. Misalnya katak beracun yang memiliki warna cerah sehingga pemangsa enggan mendekatinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com