Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irfan Hakim Dibawa ke RS Usai Makan Keripik Pedas, Dokter: Makanan Pedas Memicu Gerd

Kompas.com - 10/06/2022, 11:01 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nama presenter Irfan Hakim belakangan jadi topik yang paling dicari menurut Google Trends Indonesia.

Pasalnya, ia dan timnya dikabarkan sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit usai memakan keripik pedas One Chip Challenge dari YouTuber Tanboy Kun.

Tanboy Kun menantang Irfan Hakim untuk makan keripik yang diklaim terpedas di dunia, ditambah saus pedas.

Baca juga: Kenapa Makan Makanan Pedas Bisa Sebabkan Diare?

Sekitar tiga menit sejak memakannya, Irfan mengaku merasakan pedas dan perutnya terasa mulas. Dirinya pun mengalami muntah, hingga tidak bisa buang air besar.

"Ini gue (perut) kayak dililit ditarik, kayak diperas terus ditarik. Sebelumnya juga jantung gue deg-degan gemetar banget," jelas Irfan Hakim, seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (8/6/2022).

Berkaitan dengan itu, dokter spesialis gastroenterologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, menduga bahwa Irfan Hakim mengalami gastroesophageal reflux disease (Gerd).

"Kalau lihat dari gejalanya rasa panas di tenggorokan, terus muntah kemungkinan Irfan Hakim mengalami Gerd. Karena memang pedas itu akan mencetuskan terjadinya gastroesophageal reflux disease," ujar Ari kepada Kompas.com, Jumat (10/6/2022).

Gerd, lanjut dia, adalah penyakit akibat asam lambung, sehingga pasien dapat merasakan rasa panas di dada, tenggorokan, mulut pahit, bahkan sampai mual dan muntah.

"Kita tahu keripik itu juga goreng-gorengan. (Makanan) goreng-gorengan, cokelat, keju juga akan menyebabkan pengosongan lambung jadi terlambat. Di satu sisi, pedas itu akan juga merangsang rasa yang tidak nyaman," papar Ari.

Sehingga, orang-orang yang sudah memiliki permasalahan asam lambung tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan terlalu asam ataupun terlalu pedas.

Bahkan, makan makanan pedas yang ekstrem juga bisa menyebabkan gangguan pendengaran sementara.

Hal ini dialami seorang YouTuber bernama Ben Sumadiwiria, yang memakan mi superpedas dengan campuran 100 cabai rawit, hingga membuatnya tidak bisa mendengar selama dua menit.

"Rasa sakitnya menjalar hingga ke telinga saya sampai tersumbat," kata Ben Sumadiwiria, dilansir dari Live Science, Sabtu (12/8/2017).

Baca juga: Meski Bikin Sakit Perut, Kenapa Orang Tetap Suka Makanan Pedas?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com