Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lewatkan Parade Langit Subuh Sepanjang Juni 2022, Catat Tanggalnya

Kompas.com - 09/06/2022, 08:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sepanjang bulan Juni 2022 ini akan ada fenomena menarik di langit Indonesia yang bisa Anda nikmati keindahannya di rumah ketika waktu subuh.

Peneliti di Pusat Riset Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Andi Pangerang Hasanuddin mengatakan, parade langit yang dimaksudkan adalah konfigurasi segarisnya 6 planet yakni Merkurius, Venus, Mars, Uranus, Jupiter dan Saturnus.

Dalam astronomi, konfigurasi planet merupakan posisi atau fase planet dilihat dari Bumi terhadap Matahari. Fase planet diukur berdasarkan sudut elongasi, yaitu sudut yang dibentuk antara garis hubung Bumi – planet dengan garis hubung Bumi – Matahari.

Baca juga: Fenomena Langka 5 Planet Akan Sejajar Besok, Bisakah Terlihat dari Indonesia?

Sudut elongasi dapat diukur sebesar 0° – 360° dari garis hubung Bumi – Matahari, namun lebih sering diukur 0° – 180° disertai arahnya, barat atau timur.

Posisi planet saat membentuk sudut 180° disebut oposisi, yakni posisi planet berseberangan dengan letak Matahari, sedangkan posisi planet saat membentuk sudut 0° disebut konjungsi.

Jadwal parade langit subuh Juni 2022

Andi mengatakan, konfigurasi ini sebenarnya sudah berlangsung sejak tanggal 4 Juni 2022 lalu.

Namun, untuk Anda yang tidak sempat mengamatinya pada tanggal tersebut, kita masih bisa menikmati pemandangan parade langit setiap subuh sampai tanggal 30 Juni 2022 mendatang.

“Fenomena ini dapat disaksikan selama kurang lebih 50 menit, sesuai dengan waktu fajar masing-masing wilayah,” jelasnya.

Pada dasarnya, konfigurasi 6 planet ini akan terjadi sejak awal fajar astronomis, yakni ketika ketinggian Matahari -18 derajat atau sekitar 75 menit sebelum matahari terbit yakni sekitar 04.30 waktu setempat.

Setiap harinya, parade langit subuh ini akan berakhir sampai akhir fajar bahari, yakni ketika ketinggian Matahari -6 derajat atau 25 menit sebelum Matahari terbit, yang biasanya terjadi sekitar pukul 05.30 waktu setempat.

Baca juga: Fenomena Langka 18 Tahun Sekali, Ini Waktu dan Cara Menyaksikan Konjungsi 5 Planet

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com