Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Gitaris Kahitna Konsumsi Narkoba Valdimex | Planet Mirip Neraka | Fenomena Langka Konjungsi 5 Planet

Kompas.com - 04/06/2022, 08:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

-


KOMPAS.com - Kembali artis terjerat narkoba. Kali ini, berita gitaris Kahitna mengonsumsi narkoba jenis vadimex diazepam menjadi informasi populer Sains sepanjang Jumat (3/6/2022).

Andrie Bayuajie, gitaris Kahitna ditangkap kepolisian dikarenakan penyalahgunaan narkoba dengan barang bukti 45 butir valdimex diazepam psikotropika golongan IV.

Andrie mengonsumsi psikotropika berjenis obat valdimex diazepam. Berdasarkan keterangan, ia menggunakan obat valdimex diazepam sejak 2017-2018 yang dibeli berdasarkan resep dokter.

Berita populer Sains lainnya yakni kabar NASA yang menemukan planet yang disebut memiliki lingkungan mirip neraka.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), baru-baru ini menyebut planet tersebut memiliki kondisi permukaannya yang seperti "neraka." Planet yang dinamakan 55 Cancri e itu berjarak 50 tahun cahaya, dan mengorbit begitu dekat dengan bintang yang mirip Matahari.

Fenomena langka konjungsi lima planet terjadi pada Sabtu (4/6/2022) pagi ini. Fenomena ini hanya terjadi 18 tahun sekali, yang juga dikenal sebagai konjungsi kuintet.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang menjelaskan, konjungsi kuintet atau sejajarnya lima planet secara bersamaan dapat terlihat dari seluruh wilayah Indonesia mulai Sabtu (4/6/2022).

Arkeolog kembali temukan ratusan mumi di situs pemakaman kuno Mesir. Kementerian barang antik Mesir menyebutkan, artefak-artefak itu berasal dari sekitar 2.500 tahun yang lalu, selama Periode Akhir Mesir.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Jumat (3/6/2022) hingga Sabtu (4/6/2022).

Gitaris Kahitna konsumsi narkoba valdimex diazepam

Dokter adiksi dari Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience (IMAN) Jakarta dr. Hari Nugroho menjelaskan, valdimex, narkoba yang dikonsumsi Andrie Bayuajie, gitaris Kahitna ini merupakan merek dagang yang isinya diazepam, salah satu obat golongan benzodiazepine.

“Obat golongan benzodiazepine ini biasa digunakan utamanya sebagai anti anxiety atau anti cemas, bisa juga sebagai anti kejang dan kadang digunakan untuk melemaskan otot,” kata Hari saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/6/2022).

Hari menambahkan, obat golongan benzodiazepine juga sering kali digunakan untuk orang dengam gangguan tidur terutama insomnia.

“Makanya kadang-kadang (narkoba jenis valdimex yang dikonsumsi gitaris Kahitna) dikenal orang sebagai obat tidur,” jelasnya.

Tentang dugaan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan gitaris Kahitna Andrie Bayuajie, Hari menuturkan, memang ada orang yang kemudian menyalahgunakan obat golongan benzodiazepine ini, terutama jenis alprazolam dikarenakan sifatnya yang short acting.

Lebih lanjut, orang-orang yang menyalahgunakan bisa murni menyalahgunakan obat yang dari dokter dengan tidak memakainya sesuai ketentuan atau mendapatkan dari sumber ilegal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com