Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Manfaat Susu, dari Kaya Asam Amino hingga Cegah Osteoporosis

Kompas.com - 03/06/2022, 13:00 WIB
Mela Arnani,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Susu mempunyai peran penting dalam tumbuh kembang seseorang. Setiap individu membutuhkan pemenuhan asupan gizi yang berbeda di setiap tahap kehidupan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Tak hanya terkait kesehatan, susu telah menjadi bagian dari keseharian dan secara tak langsung menjadi bagian dari gaya hidup kekinian.

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS menegaskan, susu berperan dalam mendukung pemenuhan gizi sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

“Tubuh membutuhkan 20 jenis asam amino, 9 di antaranya adalah asam amino esensial dan sisanya adalah asam amino non esensial,” ujar Hardinsyah dalam webinar Hari Susu Sedunia yang diadakan oleh Frisian Flag Indonesia, produsen Frisian Flag, Friso, Susu Bendera, dan Omela, pada Kamis (2/6/2022).

Baca juga: 5 Manfaat Kesehatan Susu Kambing, Salah Satunya untuk Kulit

Protein hewani termasuk susu, memiliki asam amino esensial yang lebih lengkap, dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang juga dibutuhkan tubuh.

“Pada 1.000 hari pertama kehidupan, susu dalam bentuk ASI merupakan makanan alami yang memainkan peran krusial dalam pertumbuhan otak,” tutur Hardinsyah.

Hardinsyah menambahkan, bayi baru lahir hingga berusia 6 bulan sebaiknya diberikan ASI secara eksklusif, dikarenakan ASI mempunyai segudang manfaat seperti meningkatkan sistem imunitas tubuh, meningkatkan kecerdasan otak dan daya nalar, menyokong pertumbuhan fisik dan mencegah stunting, sumber energi, zat gizi, membantu regenerasi sel, menjaga kesehatan mata, dan mudah dicerna oleh tubuh.

Sementara itu, dalam tahap anak dan remaja, susu bisa mendukung pertumbuhan tulang dan otot. Pada tahap dewasa dan lansia, susu berperan penting dalam menjaga sistem hormon dan imunitas tubuh, termasuk mencegah osteoporosis.

Baca juga: Apa Kelebihan Keju Dibanding Susu, Benarkah Lebih Sehat?

Pasalnya, susu mengandung protein, lemak, energi, serta berbagai vitamin dan mineral. Dalam satu gelasnya, kandungan gizi susu sebagai berikut:

1. Protein: 7,5-8 gram

2. Vitamin A

3. Vitamin B, seperti vitamin B1, B2, B6, dan B12

4. Vitamin D

5. Kalsium: 275 mg

6. Fosfor: 200 mg

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com