Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Tertua di Dunia Ditemukan di Chile, Seperti Apa?

Kompas.com - 31/05/2022, 09:03 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah studi baru yang dilakukan oleh Dr Jonathan Barichivich, ilmuwan Chile di Climate and Environmental Sciences Laboratory di Paris mengungkap, pohon cemara di taman nasional Alerce Costero Chile bisa jadi merupakan pohon tertua di dunia.

Pohon yang dikenal dengan julukan Kakek Buyut itu diperkirakan berumur 5.484 tahun. Usia itu melampau 600 tahun dari pemegang rekor pohon tertua saat ini. Batang pohon ini pun bahkan mencapai diameter 4 meter.

Maisa Rojas yang menjadi menteri lingkungan Chile dan anggota Panel Antarpemerintah untuk Perubahan Iklim PBB pun menyebutkan, berita ini sebagai penemuan ilmiah yang luar biasa.

Baca juga: Sinkhole Raksasa Ditemukan di China, Uniknya Berisi Pohon Kuno

Dikutip dari Guardian, Minggu (29/5/2022), cemara Patagonian (Fitzroya cupressoides) tersebut merupakan tumbuhan runjung asli Chile dan Argentina yang termasuk dalam keluarga yang sama dengan sequoia raksasa dan kayu merah.

Pohon ini tumbuh sangat lambat, tetapi dapat mencapai ketinggian hingga 45 meter.

Pada tahun 2020, Barichivich mengambil sampel dari pohon yang juga disebut dengan Alerce Milenario itu. Tetapi, alat yang ia gunakan dapat mencapai intinya.

Ia kemudian menggunakan model komputer untuk mempertimbangkan faktor lingkungan dan variasi acak untuk menentukan umur pohon.

"Metode ini memberi tahu kita bahwa 80 persen dari semua kemungkinan, usia pohon tersebut lebih dari 5.000 tahun. Hanya ada peluang 20 persen bahwa pohon lebih muda," ungkap Barichivich.

Namun, Barichivich sendiri belum melakukan perhitungan penuh dari lingkaran pertumbuhannya. Sehingga, Barichivich belum secara resmi menerbitkan perhitungannya dalam jurnal. Ia pun berharap segera bisa merilisnya dalam beberapa bulan mendatang.

"Jika membandingkannya dengan pohon-pohon yang sudah berumur, di mana kita menghitung semua cincinnya, itu bisa menjadikannya salah stau pohon tertua yang hidup di planet ini," papar Barichivich.

Bila temuannya terbukt,i maka Alerce Milenario akan melampaui pinus bristlecone di California yang berumur 4853. Pohon yang dikenal sebagai Methuselah itu, saat ini dianggap sebagai pohon tertua.

Baca juga: Pohon Tertua di Dunia, Usianya Hampir 5.000 Tahun

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com