Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien HIV Bisa Hidup dengan Normal, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 30/05/2022, 21:12 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Stigma pada orang yang terkena HIV adalah jarak hidup yang pendek dan tidak ada harapan untuk sembuh. Padahal, orang dengan HIV positif bisa hidup normal dengan angka harapan hidup yang tinggi.

Pasien HIV bisa hidup normal

Penelitian untuk mengembangkan berbagai pengobatan untuk HIV berkembang pesat sejak tahun 1996 dan terus berkembang hingga kini. Pada tahun 1996, angka harapan hidup bagi pasien HIV hanya 39 tahun. Namun, pada tahun 2011, angka harapan hidupnya meningkat hingga 70 tahun.

Saat ini, memang belum ada obat yang benar-benar menyembuhkan pasien HIV. Namun, keberadaan obat ARV atau anti retrovirus merupakan harapan bagi pasien HIV.

Dengan mengonsumsi ARV secara rutin, pasien HIV bisa menekan viral load di dalam darah sehingga tidak menunjukkan gejala apa pun. Bahkan pasien dengan viral load rendah berisiko rendah menularkan HIV kepada pasangannya dan bisa memiliki keturunan seperti biasa.

Selain itu, ARV membantu pasien HIV untuk mengontrol penyakitnya dan mencegah penyakit berkembang ke fase 3 HIV, yaitu AIDS.

Cara hidup sehat dengan HIV

Pasien HIV perlu menjaga pola hidup untuk tetap sehat dan tetap memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Dilansir dari WebMD, berikut ini adalah cara hidup sehat untuk pasien HIV:

  • Konsumsi obat ARV secara rutin, segera setelah terdiagnosis
  • Vaksin rutin. Orang dengan HIV sebaiknya rutin melakukan vaksin untuk melindungi tubuh mereka dari berbagai potensi infeksi oportunistik yang mungkin menyerang di kemudian hari.
  • Pola makan sehat
  • Olahraga teratur dan aktif bergerak
  • Istirahat yang cukup
  • Menjaga kesehatan mental
  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut karena mulut bisa jadi pintu masuk infeksi
  • Berhenti merokok, karena pasien HIV berisiko tinggi terkena kanker mulut dan merokok meningkatkan risiko untuk terkena kanker mulut
  • Berhenti mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang

Baca juga: 3 Tahap Perkembangan Infeksi HIV Menjadi AIDS

Itu dia fakta dan cara pasien HIV untuk hidup normal dengan angka harapan hidup yang tinggi. Pandangan bahwa terdiagnosis HIV merupakan akhir dari segalanya sudah tidak berlaku lagi saat ini karena perkembangan teknologi pengobatan HIV yang terus berkembang. Konsultasikan ke dokter untuk memastikan kondisi dan perawatan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com