Tikus Jantan Takut dengan Pisang, Ini Alasannya

Kompas.com - 30/05/2022, 13:03 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Para ilmuwan baru-baru ini menemukan sesuatu hal yang baru tentang tikus jantan.

Mereka mengungkapkan, bahwa hewan pengerat itu ternyata tak menyukai pisang. Aroma khasnya membuat mereka stress.

Hal tersebut diketahui ketika peneliti dari McGill University di Montreal, Kanada mempelajari lonjakan hormon stress tikus jantan ketika dekat dengan betina yang hamil atau menyusui.

Baca juga: Mengapa Tikus Sering Jadi Hewan Percobaan? Ini Penjelasannya

Dalam studi itu peneliti melaporkan perubahan hormonal tikus jantan dipicu oleh adanya senyawa yang disebut n-pentyl acetate dalam urine betina. Senyawa itu ternyata juga ditemukan pada pisang yang memberikan aroma khas pada buah.

"Semuanya mengejutkan, karena kami tak mencari ini secara khusus dan menemukannya secara tak sengaja," kata Jeffrey Mogil, penulis senior studi dan profesor di departemen psikologi di McGill University.

Seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (28/5/2022) tikus betina yang hamil berada di lab untuk percobaan yang lain. Namun salah satu mahasiswa pascasarjana kami menyadari, bahwa tikus jantan mulai bertingkah aneh.

Dalam studi ini, peneliti menjelaskan tikus jantan diketahui bersikap agresif dan membunuh bayi tikus untuk meningkatkan kebugaran genetik mereka.

Sebagai cara untuk mencegah pemangsa potensial ini, betina hamil dan menyusui pun kemudian mengandalkan chemosignaling atau memancarkan respons kimia melalui tubuh mereka untuk mengirim pesan pada pejantan, agar menjauh dari keturunan mereka.

"Tikus dan banyak mamalia selain manusia bergantung pada indera penciuman mereka. Penanda aroma urine sudah diketahui dengan baik, tapi apa yang kami temukan di sini adalah pesan baru yang belum pernah dijelaskan sebelumnya pada mamalia, yakni pesan supaya menjauh dari bayi-bayi tikus," kata Mogil.

Setelah mengamati bahwa tingkat stres pada jantan meningkat sebagai respon terhada bahan kimia dalam urine betina, Mogil dan timnya pun bertanya-tanya apakah n-pentyl acetate dari sumber yang berbeda akan memicu respons serupa.