Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Planet dengan Rotasi Tercepat, Sehari di Sana Kurang dari 10 Jam

Kompas.com - 26/05/2022, 11:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comPlanet dengan rotasi tercepat adalah Jupiter. Jupiter memiliki ukuran planet yang sangat besar, namun waktu rotasinya kurang dari 10 jam saja.

Rotasi planet Jupiter

Planet Jupiter memiliki hari yang paling pendek di tata surya kita. Sekali berotasi, Jupiter hanya membutuhkan waktu 9 jam 56 menit.

Waktu ini tentu sangat pendek. Bayangkan jika sehari di Bumi hanya kurang dari 10 jam seperti di Jupiter. Jika seseorang memenuhi kebutuhan tidur harian selama 8 jam, berarti sisa waktu manusia hanya 2 jam saja. Waktu 2 jam tersebut harus digunakan untuk makan, berolah raga, belajar, dan bekerja.

Kenapa rotasi Jupiter sangat cepat?

Jupiter adalah planet yang tersusun dari gas. Sekitar 95 persen penyusun planet ini adalah gas hidrogen dan helium. Sedangkan atmosfer Jupiter terdiri dari 75 persen hidrogen dan 25 persen helium. Jupiter memang berukuran sangat besar, namun kepadatan planet ini sangat rendah.

Walaupun planet ini tersusun dari gas, Jupiter memiliki banyak sekali bulan atau satelit alam. Jupiter memiliki 69 bulan. Empat yang terbesar diantaranya adalah bulan Galileo yang ditemukan oleh Galileo pada tahun 1610.

Itulah sebabnya Jupiter bisa berotasi dengan cepat. Pada ekuatornya, kecepatan rotasi Jupiter mencapai 43.000 kilometer per jam.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Planet Jupiter

Sebagai perbandingan, planet yang berotasi tercepat kedua adalah Saturnus, planet yang sama-sama tersusun dari gas. Saturnus bergerak dengan kecepatan 35.405 kilometer per jam. Satu hari di Saturnus adalah 10 jam 42 menit, hanya satu jam lebih lama dari Jupiter.

Planet yang berotasi tercepat ketiga adalah Uranus yang berotasi dengan kecepatan 14.793 kilometer per jam. Satu hari di Uranus adalah 17 jam 14 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com