Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2022, 07:05 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comPenguin adalah hewan yang tinggal di kutub dan memiliki cara berkembang biak yang unik. Begini cara penguin berkembang biak.

Penguin berkembang biak dengan cara bertelur, sama seperti burung lainnya. Namun, proses uniknya justru terjadi pada proses berkembang biak dan pengeramannya.

Cara penguin berkembang biak

Musim kawin penguin umumnya terjadi pada musim panas di Antartika atau sekitar bulan Oktober sampai Februari. Penguin jantan akan sampai di koloni dan menunggu betina yang cocok datang kepadanya. Pada beberapa jenis penguin, seperti penguin Adelie, penguin jantan akan membangun sarang menggunakan batu, ranting kayu, atau benda lainnya yang mereka temukan.

Ketika betina datang, betina tersebut akan langsung mencari penguin jantan yang cocok baginya. Penguin betina akan memeriksa sarang yang telah dibangun oleh penguin jantan. Jika sarang tersebut cocok dengan betinanya, maka betina tersebut akan memilih jantan tersebut.

Ketika penguin betina telah memiliki penguin jantan, mereka akan melakukan ritual yang mirip dengan pernikahan manusia. Sepasang penguin ini akan saling membungkuk dan memanggil satu sama lain.

Setelah itu, penguin betina akan masuk ke dalam sarang tersebut untuk proses transfer sperma dari penguin jantan.

Setiap musim kawin, penguin betina akan kembali pada penguin jantan yang sama. Oleh karena itu, penguin juga disebut dengan hewan monogami.

Baca juga: Ahli Sebut Penguin Kaisar Terancam Punah karena Perubahan Iklim

Cara pengeraman telur penguin

Setelah penguin betina bertelur, penguin jantan akan mengambil peran untuk mengerami telur yang pertama kali. Penguin betina akan pergi dan mencari makan selama dua minggu.

Jika tidak memiliki sarang, penguin akan mengeraminya dengan menyimpan telurnya di antara kaki mereka. Penguin jantan akan mengeraminya atau menyimpan sarangnya di lembah yang berada 50 sampai 60 kilometer dari pinggiran laut.

Waktu mengerami telur penguin bervariasi tergantung spesiesnya. Rata-rata telur penguin akan menetas setelah sebulan. Namun, penguin kaisar memiliki masa mengerami yang lebih lama, yaitu 62 sampai 66 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com