Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daur Ulang Limbah Kayu Hasilkan Material Lebih Kuat dari Baja

Kompas.com - 22/05/2022, 16:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kayu merupakan material yang sangat berguna, mulai untuk bahan bangunan hingga pembuatan furniture.

Sayangnya, limbah yang dihasilkan juga terbilang banyak, misalnya dari potongan, serutan atau serbuk gergaji. Hal itu tentu tentunya menjadi permasalahan tersendiri.

Berbagai solusi dicari untuk mengurai problem tersebut, salah satunya inovasi yang dilakukan oleh Orlando Rojas bersama rekan-rekannya dari University of British Colombia, Kanada.

Baca juga: Studi Terbaru Ungkap Asap Pembakaran Kayu Berisiko Memicu Kanker

Dikutip dari New Scientist, Sabtu (21/5/2022) ia berhasil mendaur ulang limbah kayu menjadi bahan baru yang bahkan lima kali lebih kuat dari kayu alami. Hasil kayu daur ulang itu kemudian disebut 'healed wood'.

Dalam studinya ini, peneliti telah menemukan proses yang melarutkan lignin atau komponen seperti lem di dalam dinding sel tumbuhan.

Peneliti juga mengekspos nanofibril selulosa yang merupakan serat kecil yang juga ditemukan di dinding sel tumbuhan. Metode ini melibatkan pelarut yang disebut dimethylacetamide.

Saat dua potong kayu disatukan dengan menggunakan metode tersebut, nanofibril mengikat dan menciptakan apa yang disebut peneliti sebagai healed wood atau kayu yang sembuh.

Meski tak terlihat seperti kayu alami lagi, potongan yang sudah disatukan itu memiliki sifat mekanik yang lebih baik. Pengujian menunjukkan, bahwa itu lebih tahan terhadap kerusakan daripada baja tahan karat atau paduan titanium.

"Kami mendapatkan kekuatan mekanik yang menggantikan kekuatan material aslinya. Ini bekerja karena kami menggunakan sifat yang melekat pada selulosa, yang merupakan bahan yang mengikat sangat kuat oleh sesuatu yang disebut ikatan hidrogen," kata Rojas.

Baca juga: Pertama di Dunia, Satelit Kayu Bakal Diluncurkan ke Luar Angkasa Tahun Ini

Kayu daur ulang ini tak hanya dapat digunakan kembali untuk membuat sesuatu yang baru, tetapi proses perawatan dapat dilakukan berulang kali pada potongan kayu yang sama untuk memperpanjang masa pakainya.

“Ini adalah cara yang sangat elegan untuk menyembuhkan kayu, menggunakan pelarut selulosa umum, memulihkan dan meningkatkan sifat mekanik bahan ajaib alam,” kata Steve Eichhorn di University of Bristol, Inggris.

Meski begitu, peneliti belum memeriksa berapa biaya yang dibutuhkan bila metode tersebut diaplikasikan ke tingkat industri.

Studi dipublikasikan di Nature Sustainability.

Baca juga: Berumur Lebih dari 12.000 Tahun, Patung Kayu Ini Jadi yang Tertua di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com