Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Gunung Awu di Sulawesi Utara Naik Jadi Level III Siaga, Ini Potensi Bahayanya

Kompas.com - 13/05/2022, 07:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meningkatkan status Gunung Awu di Sulawesi Utara dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga).

Gunung Awu berada di Pulau Sangihe yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

Gunung Awu (G. Awu) terletak pada posisi koordinat 3.6828460 LU, 125.455980 BT dan ketinggian puncak 1320 m di atas permukaan laut.

Dalam keterangan resmi PVMBG pada Kamis (12/5/2022) dijelaskan bahwa peningkatan status level Gunung Awu ini merupakan dampak dari peningkatan aktivitas kegempaan di gunung berapi ini.

“Mengingat karakteristik erupsi Gunung Awu, potensi ancaman bahaya, hasil pemantauan kegempaan, serta antisipasi untuk gejala peningkatan menuru erupsi, maka tingkat aktivitas Gunung Awu dinaikkan dari Level II (Waspada) menjadi level III (Siaga) terhitung sejak tanggal 11 Mei 2022, pukul 24.00 WITA,” dikutip Kompas.com dari laman resmi Badan Geologi KESDM, Kamis (12/5/2022).

Baca juga: PVMBG: Gempa Vulkanik di Gunung Awu Masih Terekam, Statusnya Level Waspada

Perkembangan level status Gunung Awu Sangihe

Gunung Awu siaga dan diketahui interval erupsi gunung api ini berkisar antara 1 hingga 101 tahun.

Erupsi Gunung Awu terakhir terjadi pada bulan Juni 2004, berupa erupsi magmatik yang menghasilkan kolom erupsi setinggi 3000 meter di atas puncak.

Tingkat aktivitas Gunung Awu adalah Level I (Normal) sejak 31 Oktober 2016. Lalu dinaikkan menjadi Level II (Waspada) pada 12 Desember 2021 pukul 12.00 WITA, karena terkait peningkatan jumlah gempa-gempa vulkanik.

Paska peningkatan aktivitas dari Level I (Normal) ke Level II (Waspada) secara visual gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut.

Saat cuaca cerah, umumnya tidak teramati adanya hembusan gas dari arah kawah, namun pada 11 Mei 2022 pukul 15.00 WITA teramatai asap kawah berwarna putih sedang setinggi 30 meter di atas puncak.

Terkait status Gunung Awu Sangihe, PVMBG pun mencatat, jenis gempa yang terekam pada periode 1 Januari hingga 10 Mei 2022 terdiri dari, Vulkanik Dangkal (8 kejadian per hari), Vulkanik Dalam (5 kejadian per hari), Tektonik Lokal, dan Tektonik Jauh.

Baca juga: Status Gunung Anak Krakatau Naik ke Level 3 Siaga, Ini Potensi Bahayanya

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com