Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa Belanda Disebut Negara Kincir Angin

Kompas.com - 07/05/2022, 17:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Siapa yang tidak tahu negara kincir angin? Betul, negara yang mendapat julukan negara kincir angin adalah Belanda. Apa kamu tahu kenapa Belanda mendapatkan julukan ini?

Negara kincir angin

Belanda disebut negara kincir angin karena Belanda memiliki lebih dari 1.200 kincir angin. Dalam sejarahnya, kincir angin memiliki peranan sangat penting karena berfungsi untuk memompa air keluar dari dataran rendah kembali ke sungai.

Sebanyak 26 persen wilayah Belanda berada di ketinggian yang lebih rendah dari permukaan air laut. Kondisi ini menyebabkan banyak lahan di Belanda yang sering mengalami banjir atau terendam air.

Kincir angin pada saat ini menjadi solusi untuk drainase lahan yang terendam air tersebut agar lahan tersebut bisa difungsikan sebagai lahan pertanian. Kincir angin dipilih karena ramah lingkungan dan memanfaatkan tenaga angin sebagai sumber energinya.

Tenaga angin tersebut akan membantu menyalakan generator mesin untuk memompa air keluar dari lahan menuju ke sungai. Selain untuk mengeringkan lahan, tenaga tersebut juga digunakan untuk menyalakan mesin dalam proses penggilingan gandum dan pembuatan tepung.

Kincir angin membuat mudah segala pekerjaan berat di bidang pertanian kala itu. Inilah sebabnya kincir angin penting bagi warga Belanda.

Baca juga: 5 Negara yang Tidak Punya Gunung

Kincir angin yang masih berdiri

Seiring berkembangnya teknologi, kincir angin tidak banyak lagi digunakan oleh warga Belanda. Sebagian besar kincir angin menjadi situs sejarah yang menjadi daya tarik wisatawan. Beberapa kincir angin yang ikonik yang wajib Anda kunjungi jika ke Belanda antara lain Molen de Otter dan De Gooyer.

Molen de Otter adalah salah satu kincir angin tertua di Belanda. Kincir angin ini dibangun pada abad ke-17 di area Kostverlorenvaart. Aliran air di sekitar kincir air ini sangat besar sehingga dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai sarana transportasi kayu. Kayu-kayu tersebut kemudian dikeringkan dan diolah menjadi papan kayu untuk keperluan konstruksi bangunan ataupun kapal.

Sedangkan De Gooyer adalah kincir angin kayu tertinggi di Amsterdam. Saat ini, bangunan tersebut tidak lagi digunakan sebagai sumber energi. Namun, kincirnya dibiarkan tetap berputar bebas jika terkena angin.

Sekarang kamu sudah tahu alasan Belanda menjadi negara kincir angin. Apa Anda tertarik untuk mengunjunginya suatu hari?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com