Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Virus di Balik Misteri Hepatitis Akut Misterius | Mieke Wijaya Meninggal karena Diabetes | 5 Olahraga Turunkan Kolesterol

Kompas.com - 05/05/2022, 07:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Hepatitis akut misterius tiba-tiba menginfeksi banyak anak di dunia, di Indonesia, 3 anak meninggal dunia diduga karena penyakit ini. Belakangan informasi ini menjadi berita populer Sains sepanjang Rabu (4/5/2022).

Sebuah studi yang dilakukan CDC di Amerika Serikat, yang pertama kali dilakukan di kluster hepatitis misterius di Alabama, menemukan bahwa diduga virus jenis adenovirus menjadi penyebab penyakit ini.

Sebelum kasus ini ditemukan di seluruh dunia, sembilan anak dari Alabama dilaporkan terinfeksi hepatitis misterius. CDC kemudian menyelidiki kluster kasus hepatitis akut misterius di Alabama tersebut, dan studi mereka, menemukan kesemua anak dengan usia lebih kecil dinyatakan positif patogen umum.

Selain informasi wabah hepatitis akut misterius anak, kabar lain, datang dari dunia hiburan. Aktris senior, Mieke Wijaya meninggal dunia karena diabetes dan kanker.

Informasi populer Sains dalam berita tersebut mengajak pembaca untuk mengenali tanda-tanda awal penyakit diabetes, agar penderitanya dapat segera mendapatkan perawatan yang tepat.

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Oleh karenanya, untuk menurunkan kolesterol tinggi, salah satu upayanya adalah dengan olahraga.

Para peneliti melaporkan, wanita yang aktif secara fisik memiliki kadar kolesterol baik yang jauh lebih tinggi daripada wanita yang tidak banyak bergerak.

BMKG mengeluarkan peringatandini hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia.

Berikut ini beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Rabu (4/5/2022) hingga Kamis (5/5/2022).

Virus di balik penyakit hepatitis akut misterius

CDC menyelidiki kluster kasus hepatitis akut misterius di Alabama tersebut. Berdasarkan studi mereka, kesemua anak dengan usia lebih kecil dinyatakan positif patogen umum yang disebut adenovirus 41.

"Saat ini, kami percaya adenovirus mungkin menjadi penyebab kasus yang dilaporkan ini, tetapi faktor lingkungan dan situasional potensial lainnya masih diselidiki," kata CDC dalam sebuah pernyataan yang menyertai penelitian tersebut, Jumat (29/4/2022).

Virus jenis adenovirus 41 yang ditemukan, diduga di balik misteri penyakit yang menyebabkan gastroenteritis pada anak-anak. Akan tetapi, CDC mengatakan bahwa gejala tersebut umumnya tidak diketahui sebagai penyebab hepatitis pada anak-anak yang sehat.

Dalam studi CDC kasus penyakit hepatitis akut misterius pada anak di Alabama ini, penyelidikan telah mengesampingkan paparan umum, termasuk Covid-19.

Mereka juga mengesampingkan infeksi virus hepatitis A, B dan C yang umumnya menjadi penyebab hepatitis paling umum di Amerika Serikat, serta mengesampingkan hepatitis autoimun dan penyakit Wilson.

Sembilan kasus hepatitis akut misterius pada anak di Alabama, terjadi antara Oktober 2021 dan Februari 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com