Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah? | Cara Mengusir Semut | Kasus Kekerasan Johnny Depp dan Amber Heard | Gunung Anak Krakatau Erupsi Waspada Tsunami |

Kompas.com - 27/04/2022, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Tahukah Anda, ternyata hampir semua lambung kapal dicat berwarna merah? Informasi unik ini menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Selasa (26/4/2022).

Alasan kenapa lambung kapal dicat berwarna merah, ternyata ada penjelasan ilmiah.

Ada beberapa alasan yang dapat menjelaskan mengapa car warna merah menjadi pilihan untuk diaplikasikan pada lambung kapal.

Informasi menarik lainnya yakni tentang bagaimana cara mengusir semut dari rumah.

Serangga ini memang seringkali mengganggu, karena kerap berkerumun di makanan, meja, dan beberapa tempat di sekitar rumah.

Kasus kekerasan yang melibatkan aktor Hollywoon, Johnny Depp dan Amber Heard masih terus menarik perhatian masyarakat dunia. Kekerasan Amber terhadap Depp, disebut karena adanya trauma masa kecil yang dialami keduanya.

BMKG mengeluarkan imbauan menyusul aktivitas Gunung Anak Krakatau yang statusnya meningkat menjadi level 3 Siaga.

Masyarakat diimbau waspada akan dampak erupsi Gunung Anak Krakatau yang dapat berpotensi menimbulkan tsunami di kawasan perairan Selat Sunda, di mana gunung api ini berada.

Berikut ini beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Selasa (26/4/2022) hingga Rabu (27/4/2022) pagi.

Kenapa lambung kapal dicat berwarna merah?

Terdapat dua alasan ilmiah, kenapa lambung kapal dicat warna merah. Di antaranya cat antikarat dan sebagai parameter beban kapal.

Bagian lambung kapal akan selalu terendam di dalam air. Oleh karenanya, untuk melindungi bagian tersebut dari karat, lambung kapal atau hull dilapisi dengan cat khusus berbahan tembaga dan biosida.

Lantas, kenapa cat tersebut berwarna merah?

Kandungan tembaga pada cat yang duaplikasikan membuat cat itu pun berwarna merah. Bahkan jenis cat ini telah digunakan sejak dahulu, yang mana saat kapal masih terbuat dari kayu.

Cat merah juga diyakini mampu melapisi dan melindungi lambung kapal dari hewan-hewan laut yang menempel dan berpotensi merusak badan kapal.

Alasan ilmiah lainnya, yakni sebagai parameter beban kapal. Pada bagian samping kapal biasanya diberi garis-garis pengukur untuk menunjukkan jika kapal sudah kelebihan muatan. Garis biasanya akan digambar di antara warna merah dan warna di atasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com