Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Walrus, Kerabat Dekat Singa Laut dan Anjing Laut

Kompas.com - 27/04/2022, 04:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comWalrus merupakan mamalia kerabat dekat anjing laut dan singa laut. Sebagian orang mungkin bingung membedakan ketiganya. Kamu pasti paling mudah membedakan walrus dibandingkan dua kerabat lainnya. Simak penjelasan walrus untuk tahu karakteristiknya.

Walrus

Walrus adalah mamalia yang hidup di Samudera Arktik. Walrus memiliki nama latin Odobenus rosmarus. Terdapat dua subspesies berbeda, yaitu walrus Pasifik (O. rosmarus divergens) dan walrus Atlantik (O. rosmarus rosmarus). Walrus Pasifik hidup di laut utara Rusia dan Alaska, sedangkan walrus Atlantik hidup di timur laut pesisir Kanada dan Greenland.

Karakteristik paling unik walrus yang membedakan walrus dari anjing laut dan singa laut adalah gadingnya. Walrus memiliki sepasang gading yang sangat besar dan panjang yang tidak dimiliki oleh dua kerabatnya tersebut.

Morfologi

Tubuh walrus memiliki panjang maksimal 3,7 meter dengan berat mencapai 1.700 kilogram. Kulit mamalia ini sangat tebal, yaitu 2 hingga 4 sentimeter. Kulitnya berwarna abu dengan bulu pendek kemerahan.

Kepala walrus berbentuk bulat dengan mata yang kecil dan tidak memiliki daun telinga. Gading yang merupakan ciri khas walrus bisa tumbuh hingga 1 meter dengan berat mencapai 5,4 kilogram. Gading yang besar dan kokoh ini berfungsi sebagai pertahanan diri ketika melawan walrus lainnya.

Baca juga: Seret Gadis Cilik ke Dalam Air, Seberapa Berbahayakah Singa Laut?

Makanan dan adaptasi tubuh

Walaupun walrus hidup di atas bongkahan es yang membeku, walrus akan menyelam untuk mencari makanan. Walrus akan menyelam hingga kedalaman 100 meter untuk memangsa moluska dan hewan invertebrata lainnya yang banyak hidup di dasar laut dalam.

Untuk mendeteksi mangsa di laut dalam yang sangat gelap, walrus dibantu oleh rambut halus seperti kumis di sekitar mulutnya yang dinamakan mustacial vibrissae. Rambut ini sangat sensitif dan bisa mendeteksi pergerakan mangsa di hadapannya.

Walrus memiliki kemampuan beradaptasi agar tubuhnya mampu bertahan menyelam hingga laut dalam untuk mencari makanan. Tubuhnya mampu memperlambat detak jantung ketika menyelam agar suhu tubuhnya bisa menyesuaikan dengan suhu perairan dalam yang semakin dingin.

Nah, sekarang kamu sudah tahu karakteristik utama yang membedakan walrus dengan singa laut dan anjing laut. Jangan sampai tertukar lagi, ya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com