Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antibodi Covid Penduduk Pulau Jawa Meningkat 99,2 Persen, Apakah Sudah Bisa Jadi Endemi?

Kompas.com - 21/04/2022, 09:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Kementerian Kesehatan mengumumkan bahwa antibodi Covid yang terbentuk pada penduduk di Pulau Jawa meningkat jadi 99,2 persen. Apakah ini tandanya pandemi sudah jadi endemi?

Sebagai informasi, berdasarkan hasil survei serologi pada bulan Maret 2022, Kementerian Kesehatan bersama dengan tim epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, menemukan bahwa lebih dari 99,2 persen populasi di Pulau Jawa telah memiliki antibodi Covid.

Epidemiolog Universitas Indonesia yang juga dikenal dengan Juru Wabah, Pandu Riono mengatakan, meskipun hasil survei serologi ini telah menunjukkan angka yang positif mengenai antibodi masyarakat terhadap Covid-19, tetapi kita tidak bisa mendeklarasikan endemi hanya dengan data ini.

"Kita tidak bisa men-declare (mengumumkan) apakah ini sudah masuk endemi atau tidak," kata Pandu dalam konferensi pers virtual Update Perkembangan Covid-19 di Indonesia, Rabu (20/4/2022).

Dipaparkan bahwa objek atau orang yang diikutsertakan dalam survei ini adalah mereka yang pernah diambil sampelnya dalam survei nasional pada Desember 2021 lalu.

Studi yang dilakukan pada Desember 2021 terhadap 22.000 orang, dilakukan secara nasional, menunjukkan bahwa 86 persen orang Indonesia memiliki antibodi Covid-19.

Baca juga: 99 Persen Populasi di Pulau Jawa Punya Antibodi Covid-19, Bagaimana Bisa? Ini Penjelasannya

Sementara, kata Pandu, untuk khusus di Pulau Jawa-Bali saja, antibodi Covid-19 penduduk Indonesia mencapai 93 persen dengan mengambil sampel survei dari 30 kabupaten/kota di kedua pulau ini.

“Ada kenaikan dari awalnya 93 persen menjadi 99,2 persen (antibodi masyarakat di Pulau Jawa),” ujarnya.

Namun, hasil studi 99,2 persen ini adalah data yang diambil dari sampel di 21 kabupaten/kota di Pulau Jawa saja, tepatnya kabupaten/kota asal-tujuan mudik Idul Fitri 1443 Hijriyah di tahun 2022 Masehi ini.

Sampel diambil dari sebagian orang yang terlibat di studi Desember 2021. Studi kedua hanya mengambil sekitar 2.100 orang saja pada Maret 2022, atau sekitar 100 orang per kabupaten/kota yang dipilih.

“Kadarnya (antibodi Covid-19) naiknya 10 kali, dari 500-an,” ucap dia.

Meningkatnya kadar antibodi di masyarakat ini adalah pengaruh baik dari infeksi Covid-19, serta vaksinasi Covid-19 dosis lengkap, serta vaksin booster.

Kendati Kemenkes mengungkapkan bahwa antibodi Covid penduduk Pulau Jawa meningkat, namun menurut Pandu, dari data survei serologi yang didapatkan ini bukan berarti kita sudah bisa lepas begitu saja dengan kondisi asli, bahwa pandemi Covid-19 ini masih ada dan belum berakhir.

Baca juga: 99 Persen Penduduk di Pulau Jawa Disebut Punya Antibodi Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com