5 Manfaat Serai atau Sereh, Bisa Mengurangi Risiko Kanker

Kompas.com - 18/04/2022, 13:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Serai atau sereh adalah tanaman dengan aroma segar yang biasanya digunakan dalam masakan.

Serai juga digunakan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan kualitas tidur, menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat serai untuk kesehatan ini diperoleh dari berbagai kandungan serai yang memiliki sifat antioksidan hingga anti-inflamasi.

Manfaat serai untuk kesehatan

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 manfaat serai untuk kesehatan:

1. Serai dapat menangkal radikal bebas

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung sejumlah antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Baca juga: 5 Manfaat Stroberi, Salah Satunya Bantu Tingkatkan Fungsi Otak

Beberapa antioksidan yang penting adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin.

Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

2. Serai membantu mengobati infeksi

Teh serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang karena memiliki sifat antimikroba.

Menurut sebuah studi in vitro pada tahun 2012 yang diterbitkan oleh The National Institute of Health (NIH), minyak serai menunjukkan sifat antimikroba dalam melawan bakteri Streptococcus mutans, yakni bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

Riset lain menemukan, minyak serai dan ion perak dapat bekerja sama melawan beberapa jenis bakteri dan jamur secara in vitro.