Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Herbal Ini Bantu Tingkatkan Imunitas saat Berpuasa Menurut Pakar Jamu Indonesia

Kompas.com - 11/04/2022, 19:01 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Tak hanya dengan mengonsumsi suplemen, minuman herbal, juga dapat tingkatkan imunitas saat berpuasa.

Untuk masyarakat Indonesia sendiri, dalam upaya meningkatkan imunitas tubuh agar selalu sehat dan tetap bugar, sebagian besar masih banyak yang lebih suka mengonsumsi herbal.

Sebagian besar masyarakat percaya bahwa mengonsumsi tanaman herbal lebih aman dan lebih berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

Lalu, apa saja herbal yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh saat berpuasa?

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR (Cand) dr Inggrid Tania MSi mengatakan, sistem imun adalah semua mekanisme tubuh untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya dari luar tubuh maupun dalam tubuh sendiri.

Berbagai patogen, bakteri, virus, jamur, parasit ditemukan dalam lingkungan hidup dan dapat masuk ke dalam tubuh kita.

Seperti diberitakan Kompas.com, edisi 25 April 2021, Inggrid mengatakan, beraneka macam tanaman obat telah terbukti secara uji klinis, aman dan bermanfaat dalam memelihara kesehatan dan imunitas.

Baca juga: 9 Herbal Berkhasiat untuk Antivirus dan Imunitas Tubuh Melawan Covid-19, Termasuk Cokelat

Tanaman herbal yang dapat tingkatkan imunitas saat berpuasa, di antaranya seperti Habbatussauda, daun meniran dan jahe, yang masing-masing mengandung beragam zat aktif yang terkonfirmasi khasiatnya dalam meregulasi sistem pertahanan tubuh dan menstimulasi respon imunitas.

Berikut penjelasan manfaat tanaman herbal tingkatkan imunitas tubuh.

1. Meniran

Tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan imunitas adalah meniran, dengan nama ilmiahnya Phyllanthus niruri.

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa manfaat tanaman herbal meniran ini memiliki sifat imunostimulasi, dapat mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air, dan mengurangi infeksi saluran napas atas (ISPA).

"Ekstrak meniran dengan aktivitas imunostimulasinya memang relevan ya digunakan pada penyakit-penyakit infeksi," jelasnya.

"Dalam meningkatkan sistem imun, maka diharapkan bisa mencegah dari adanya infeksi," imbuhnya.

Secara umum tanaman herbal ini dapat meningkat kinerja daripada sel-sel imun dalam tubuh kita. Hal ini sesuai berdasarkan hasil uji klinik, ekstrak daun meniran 50 mg 3 kali sehari secara signifikan meningkatkan regulasi respon imun oleh sel-sel imun leukosit dan limfosit Th-2.

Baca juga: Bantu Meningkatkan Imunitas, Ini 4 Bahan Herbal yang Cocok Dicampur Madu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com