Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Keputihan Berwarna Coklat Pada Remaja? Normalkah?

Kompas.com - 11/04/2022, 12:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comKeputihan adalah hal biasa dialami wanita, termasuk remaja. Keputihan merupakan mekanisme normal vagina untuk membersihkan dan melembapkan vagina. Hal ini bisa membantu mencegah dan melawan infeksi.

Sesuai namanya, normalnya keputihan memiliki warna bening hingga putih dengan konsistensi agak cair hingga agak kental. Terkadang, keputihan muncul berwarna coklat, salah satunya pada remaja.

Keputihan berwarna coklat

Ketika melihat keputihan berwarna coklat, biasanya kamu akan merasa khawatir takut terjadi sesuatu yang serius. Kebanyakan kasus seperti ini merupakan hal wajar.

Biasanya keputihan berwarna coklat akan muncul pada siklus menstruasi, terutama di awal dan di akhir siklus. Hal ini disebabkan karena darah menstruasi membutuhkan waktu untuk keluar dari rahim dan mengalami oksidasi. Hasilnya, darah yang mulai keluar dari rahim berwarna kecokelatan.

Oleh karena itu, perhatikan waktu siklus kamu untuk mengetahui apakah ini adalah kondisi yang normal atau tidak. Jika terjadi dalam rentang siklus menstruasi, ini adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Kenapa keputihan berwarna coklat pada remaja?

Remaja yang baru saja mengalami pubertas umumnya belum memiliki siklus menstruasi yang teratur sekitar 2 tahun pertama sejak pertama kali menstruasi. Kondisi tersebut muncul akibat hormon remaja yang tidak seimbang.

Hasilnya, menstruasi muncul tidak selalu keluar darah dalam jumlah banyak, namun juga dalam bentuk keputihan coklat. Untuk membedakan apakah itu adalah menstruasi atau bukan, biasanya menstruasi muncul disertai gejala-gejala lain.

Gejala yang muncul selama atau menjelang menstruasi disebut dengan premenstrual symptoms (PMS). Gejalanya antara lain keram perut, merasa mudah lelah, dan sakit kepala. Rasa tidak nyaman ini mudah diatasi dengan mengompres hangat bagian perut atau meminum obat penahan sakit.

Baca juga: Penyebab Keputihan Abnormal dan Cara Mengatasinya

Keputihan coklat yang tidak normal

Beberapa kondisi keputihan berwarna coklat bisa jadi merupakan tanda kondisi yang abnormal. Berikut ini beberapa penyebab keputihan berwarna coklat yang tidak normal:

  • Penggunaan kontrasepsi hormonal, seperti pil KB
  • Ketika terjadi ovulasi pada puncak masa subur
  • Kista ovarium
  • Infeksi dan penyakit menular seksual, seperti gonore dan vaginosis
  • Endometriosis
  • Polycystic ovarian syndrome (PCOS)

Itu dia pembahasan mengenai keputihan berwarna coklat. Baik yang normal, maupun yang abnormal. Segera hubungi dokter jika kondisi kamu tidak segera membaik, ya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com