Astronom Temukan Exoplanet Muda, Planet Ini Terbentuk dengan Cara yang Aneh

Kompas.com - 05/04/2022, 19:33 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Astronom kembali menemukan exoplanet atau planet di luar Tata Surya. Namun menariknya, planet ekstrasurya gas raksasa ini masih dalam proses pembentukannya.

Exoplanet baru yang ditemukan ini pun dapat mengubah pemahaman kita tentang pembentukan planet.

Protoplanet yang kemudian diberi nama AB Aurigae b ini tampaknya terbentuk pada jarak yang jauh dari bintangnya, AB Aurigae. Selain itu, exoplanet baru ini terbentuk dengan cara yang tak biasa.

Seperti dikutip dari Science Alert, Selasa (5/4/2022) bukti menunjukkan bahwa planet terbentuk melalui reruntuhan gravitasi awan gas dari atas ke bawah.

Bukan terbentuk dari bawah ke atas yang lebih umum diterima dan terjadi dari akumulasi debu serta batu secara bertahap.

Temuan AB Aurigae b bermula ketika ilmuwan mengamati eksoplanet AB Aurigae, bintang muda yang berusia tak lebih dari 5 juta tahun. Sebagai perbandingan, Matahari berusia 4,6 miliar tahun.

Bintang tersebut masih dikelilingi oleh piringan gas dan debu yang tebal dan bergejolak.