Kompas.com - 30/03/2022, 20:31 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Dua puncak yang menjulang di atas permukaan planet Pluto telah membingungkan para ilmuwan selama bertahun-tahun. Namun akhirnya, para ilmuwan mengidentifikasi puncak tersebut sebagai gunung es raksasa.

Beberapa berspekulasi dari penemuan dua puncak di permukaan Pluto ini bisa menjadi gunung es, yang memuntahkan lumpur es dalam jumlah besar, namun tidak ada kaldera.

Pluto adalah planet kerdil di sabuk Kuiper, sebuah cincin benda di luar orbit Neptunus.

Puncak gunung es di planet Pluto itu adalah objek pertama yang ditemukan di sabuk Kuiper, dan tetap menjadi benda terbesar yang diketahui di daerah itu. Setelah Pluto ditemukan pada tahun 1930, ia dinyatakan sebagai planet kesembilan dari Matahari.

Saat ini, analisis lengkap dari gambar dan data topografi menunjukkan bahwa itu bukanlah suatu gunung es. Adapun penemuan ini kembali memunculkan perdebatan, yaitu bagaimana kondisi Pluto yang cukup hangat untuk mendukung aktivitas vulkanik.

Terletak di tepi selatan, lapisan es berbentuk hati yang luas. Muka permukaan yang tidak biasa ini awalnya terlihat melewatinya pada Juli 2015, memberikan gambar close-up pertama dari bekas planet es dan bulan-bulannya.

“Kami langsung tertarik dengan area ini karena sangat berbeda dan terlihat mencolok,” kata salah satu peneliti New Horizons dan wakil ilmuwan proyek di Southwest Research Institute di Boulder, Colorado Dr Kelsi Singer seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (30/3/2022).