Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Tapah, Ikan Air Tawar Raksasa yang Hidup di Sungai Indonesia

Kompas.com - 29/03/2022, 16:33 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah kamu terbayang bertemu ikan tawar di sungai berukuran sangat besar dengan berat mencapai 35 kilogram? Rasanya jarang ikan sebesar ini kita temukan di sungai, namun bukan berarti tidak ada. Salah satu ikan air tawar terbesar yang bisa di sungai Indonesia adalah ikan tapah.

Ikan tapah

Ikan tapah adalah ikan air tawar yang berukuran sangat besar. Ikan ini juga sering disebut dengan wallago.

Sekilas, ikan tapah tampak mirip dengan ikan lele namun dengan ukuran yang sangat besar. Hal ini karena ikan tapah dan ikan lele berada dalam satu famili, yaitu famili Siluridae.

Ikan tapah yang sudah dewasa memiliki ukuran paling kecil 120 sentimeter dengan panjang maksimal yang pernah ditemukan 240 sentimeter. Sedangkan berat badannya bisa mencapai 50 kilogram.

Habitat dan reproduksi

Ikan ini hidup di sungai di berbagai negara Asia, terutama Afganistan, Pakistan, India, Myanmar, Thailand, Kamboja, dan tentu saja Indonesia.

Kamu bisa menemukan ikan ini di sungai besar yang dalam dan aliran air yang lambat. Ikan tapah juga ditemukan di bendungan dan habitat air tawar lainnya.

Namun, ikan ini akan berkembang biak di aliran dangkal. Ikan tapah berkembang biar dengan cara ovipar atau bertelur. Ikan tapah paling banyak bertelur pada musim hujan.

Makanan

Ikan tapah adalah karnivora yang banyak memakan hewan air lainnya yang lebih kecil darinya. Beberapa spesimen ditemukan pernah memakan hewan amfibi, burung mamalia kecil, udang, dan ikan yang lebih kecil.

Namun, ikan ini tidak terlalu banyak makan. Ikan tapah hanya maka satu sampai dua kali dalam seminggu. Ikan ini sangat ganas . Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati jika bertemu ikan ini.

Baca juga: 5 Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia, Ada yang Beratnya Hampir 2 Ton

Status konservasi

Dalam IUCN Red List, ikan tapah masuk ke dalam kategori rawan punah. Hal ini karena tingginya angka konsumsi ikan ini oleh masyarakat di sekitar sungai.

Betul sekali, ikan ini bisa dimakan dan diyakini mengandung nutrisi penting. Selain itu, ikan tapah disebut kaya akan asam lemak tidak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com