Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Proses Terjadinya Gerhana Bulan Sebagian

Kompas.com - 28/03/2022, 13:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comGerhana bulan sebagian adalah salah satu dari tiga jenis gerhana bulan. Apa perbedaan gerhana bulan sebagian dengan gerhana bulan total? Simak penjelasan berikut ini.

Gerhana bulan

Gerhana bulan adalah fenomena ketika Matahari, Bumi, dan Bulan berada dalam satu garis lurus. Fenomena ini adalah fenomena yang dapat dihitung dan diprediksi kejadiannya.

Gerhana bulan merupakan kejadian saat Bumi menghalangi cahaya matahari. Seperti yang sudah kita ketahui, bulan tampak bercahaya karena memantulkan cahaya Matahari. Jika Bumi menghalangi Matahari, maka bulan tidak mendapatkan cahaya yang bisa dipantulkan.

Namun, orbit Bulan di sekitar Bumi sedikit berbeda dengan orbit Bumi terhadap Matahari, gerhana bulan tidak selalu terjadi dalam garis lurus yang sempurna. Hal ini membuat gerhana bulan terbagi menjadi tiga macam, yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, dan gerhana bulan penumbra.

Gerhana bulan sebagian

Gerhana bulan sebagian disebut juga dengan gerhana bulan parsial. Gerhana bulan parsial terjadi ketika Matahari, Bumi, dan Bulan tidak tepat berada di satu garis lurus.

Hal ini membuat bayangan Bumi tampak di permukaan Bulan seolah memakan sebagian permukaan Bulan. Walaupun begitu, dalam proses terjadinya gerhana bulan total juga melewat fase gerhana bulan parsial.

Baca juga: 7 Fakta Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021, Sejarah hingga Link Streaming

Perbedaan gerhana bulan parsial dengan gerhana bulan total

Pada gerhana bulan total, bayangan Bumi tidak hanya menutupi sebagian permukaan Bulan, namun seluruh permukaan Bulan. Bulan tidak akan menghilang seluruhnya tanpa cahaya sama sekali.

Cahaya Matahari masih akan tembus sedikit melalui atmosfer Bumi. Cahaya tersebut akan menyebar dan sampai ke permukaan Bulan. Bulan akan tampak sedikit bercahaya sehingga kita masih bisa melihatnya.

Selain itu, yang membedakan gerhana bulan total dengan gerhana bulan parsial adalah warna yang muncul pada Bulan. Gerhana bulan total biasanya akan timbul lebih merah.

Hal ini karena spektrum cahaya yang bisa diteruskan oleh Bumi hanya spektrum merah. Spektrum warna lain cenderung lebih banyak diserap dan terhalangi oleh Bumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com