Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hanya Thomas Alva Edison, Begini Sejarah di Balik Penemuan Lampu

Kompas.com - 24/03/2022, 19:31 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang sejarah penemuan lampu di dunia, maka nama Thomas Alva Edison menjadi sosok yang dikenal sebagai penemu lampu pertama kali. Namun ternyata, Edison bukan hanya satu-satunya orang yang berperan terkait penemuan lampu.

Pasalnya, dalam sejarah tercatat bola lampu sudah digunakan sebelum Edison mematenkan bola lampu ciptaannya pada tahun 1879. Lampu yang menerangi rumah, gedung, hingga jalan adalah penemuan yang mengubah dunia.

Banyak penemu, insinyur, dan ilmuwan lainnya juga berkontribusi dalam pengembangan teknologi revolusioner ini. Mereka pun diberikan penghargaan atas jasanya dalam mengembangkan baterai listrik, lampu, serta pembuatan bola lampu pijar pertama.

Dilansir dari Live Science, Selasa (23/11/2021) pada tahun 1800, ilmuwan asal Italia Alessandro Volta mengembangkan metode untuk menghasilkan listrik. Tiang ini terbuat dari cakram seng dan tembaga, kemudian diselingi dengan lapisan karton yang direndam dalam air garam.

Dengan cara ini, perangkat tersebut dapat menghantarkan listrik ketika kawat tembaga dihubungkan di kedua ujungnya. Sejumlah ahli percaya, bahwa tumpukan kawat tembaga yang diciptakan Volta merupakan salah satu bentuk paling awal dari lampu pijar.

Energi listrik yang ditemukan Volta juga memungkinkan para ilmuwan untuk bereksperimen dengan arus listrik, secara stabil dan terkendali. Dia pun mempresentasikan penemuannya mengenai sumber listrik yang berkelanjutan di Royal Society di London.

Baca juga: Sejarah Penemuan Lampu

Sebelum penemuan lampu oleh Thomas Alva Edison, tak lama setelah penemuan listrik, tepatnya sekitar tahun 1802, Humphrey Davy menggunakan ide dasar yang dipakai Volta dengan listrik, untuk menciptakan sumber cahaya.

Davy membuktikan arus listrik yang mengalir melalui kabel, hambatannya akan menimbulkan panas dan pada akhirnya dapat mengeluarkan cahaya. Dalam buku berjudul "The Life of Sir Humphrey Davy", dikatakan bahwa ahli kimia itu menemukan lampu busur listrik.

Penemuan lampu busur Davy merupakan loncatan besar, dari tumpukan milik Volta meski masih belum sempurna dan tidak praktis digunakan.

Sebab, rancangan lampu yang belum sempurna ini cepat mati maupun terlalu terang untuk digunakan di rumah serta di ruang kerja.

Akan tetapi, eksperimen Davy dengan pencahayaan terbukti menghasilkan lampu yang berguna bagi penambang, serta penerangan jalan di berbagai negara Eropa termasuk di Paris.

Sepanjang tahun 1800-an metode lampu busur Davy tetap digunakan, di samping pengembangan banyak lampu dan bohlam listrik lainnya.

Jauh sebelum penemuan lampu pijar oleh Thomas Alva Edison, di tahun 1840, ilmuwan Inggris Warren de la Rue mengembangkan bola lampu yang dirancang lebih efisien menggunakan filamen platinum berbentuk melingkar sebagai pengganti tembaga.

Baca juga: Peneliti LIPI Ubah Warna Biru Lampu LED Jadi Kuning Bermodal Gula Pasir, Kok Bisa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com