Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya

Kompas.com - 23/03/2022, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber CNN


KOMPAS.com - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengkonfirmasi ada lebih dari 5.000 planet, tepatnya 5.005 planet, di luar Tata Surya kita. Eksoplanet tersebut kini didokumentasikan dalam arsip eksoplanet NASA.

Masing-masing planet ini telah muncul dalam penelitian peer-review (peninjauan sejawat) dan telah diamati menggunakan beberapa teknik deteksi atau metode analisis. Setiap planet pun memiliki karakteristik uniknya sendiri.

"Ini bukan hanya angka. Masing-masing dari planet merupakan dunia baru, planet yang benar-benar baru. Saya merasa antusias dengan setiap planet karena kita tak tahu apa-apa tentang mereka," kata Jessie Christiansen, pemimpin sains bidang arsip dan riset di NASA Exoplanet Science Institute di California Institute of Technology di Pasadena, seperti dikutip dari CNN, Selasa (22/3/2022).

Meski keberadaan planet di luar Tata Surya telah diusulkan dan digambarkan dalam fiksi ilmiah, dunia baru ini baru pertama kali ditemukan pada 1990-an.

Baca juga: Ada 160 Planet Mirip Bumi, NASA Butuh Teleskop Canggih untuk Meneliti

 

Kini seiring waktu, makin banyak penemuan planet ekstrasurya dan sekarang kita tiba di zaman keemasan penemuan planet di luar Tata Surya tersebut.

Planet di luar Tata Surya yang beragam

Eksoplanet sendiri memiliki keragaman tak seperti apa yang ditemukan di Tata Surya kita. Planet-planet ini termasuk dunia berbatu yang lebih besar dari Bumi yang disebut super-Bumi.

Lalu ada mini-Neptunus yang lebih besar dari Bumi tetapi lebih kecil dari Neptunus, dan juga eksoplanet dengan julukan Jupiter panas yang mengerdilkan planet terbesar Tata Surya kita.

Para ilmuwan juga telah menemukan planet yang mengorbit lebih dari satu bintang dan bahkan beberapa di sekitar sisa-sisa bintang mati yang disebut katai putih.

Sejauh ini, dari exoplanet yang dikonfirmasi, 30 persen merupakan planet raksasa gas, 31 persen adalah Bumi Super, dan 35 persen mirip Neptunus. Hanya 4 persen yang berupa terestrial atau planet berbatu seperti Bumi atau Mars.

Baca juga: 5 Fakta Planet Jupiter, Planet Terbesar di Tata Surya

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com