NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya

Kompas.com - 23/03/2022, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber CNN

KOMPAS.com - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengkonfirmasi ada lebih dari 5.000 planet, tepatnya 5.005 planet, di luar Tata Surya kita. Eksoplanet tersebut kini didokumentasikan dalam arsip eksoplanet NASA.

Masing-masing planet ini telah muncul dalam penelitian peer-review (peninjauan sejawat) dan telah diamati menggunakan beberapa teknik deteksi atau metode analisis. Setiap planet pun memiliki karakteristik uniknya sendiri.

"Ini bukan hanya angka. Masing-masing dari planet merupakan dunia baru, planet yang benar-benar baru. Saya merasa antusias dengan setiap planet karena kita tak tahu apa-apa tentang mereka," kata Jessie Christiansen, pemimpin sains bidang arsip dan riset di NASA Exoplanet Science Institute di California Institute of Technology di Pasadena, seperti dikutip dari CNN, Selasa (22/3/2022).

Meski keberadaan planet di luar Tata Surya telah diusulkan dan digambarkan dalam fiksi ilmiah, dunia baru ini baru pertama kali ditemukan pada 1990-an.