Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Arus Listrik di Tubuhnya, Bagaimana Belut Listrik Kawin?

Kompas.com - 20/03/2022, 20:30 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belut listrik adalah makhluk unik dan sangat menarik, karena hewan ini dapat menciptakan arus listrik dari tubuhnya.

Sebagian pencinta hewan air bahkan memeliharanya di rumah menggunakan tangki atau akuarium, lantaran belut listrik dianggap sebagai makhluk yang eksotik.

Meski bentuk tubuhnya tampak seperti belut, ternyata mereka bukanlah belut yang sebenarnya, melainkan berkerabat dekat dengan ikan lele.

Baca juga: Peneliti Ungkap Belut Listrik Berburu Secara Berkelompok

Umumnya, belut listrik berwarna abu-abu gelap dengan kulit yang tebal, sementara tubuh bagian bawahnya tampak berwarna kuning atau oranye.

Tidak seperti jenis ikan lain yang memiliki sirip di perut, belut listrik hanya dilengkapi dengan sirip ekor kecil dan tak bersisik.

Spesies ini juga tersebar luas di Amerika Selatan bagian utara, Brasil, Guyana, Suriname, Venezuela, Kolombia, Ekuador, serta Peru.

Di samping itu, sama seperti hewan lainnya, belut listrik juga harus melakukan perkawinan untuk menghasilkan keturunan. Mereka tidak kawin secara fisik, tetapi para betina akan melepaskan telur untuk dibuahi jantan.

Lantas, sebenarnya bagaimana cara belut listrik kawin?

Untuk menjawab hal ini, kamastura satwa membahas mengenai cara belut listrik berkembang biak. Dilansir dari Bio Expedition, Kamis (17/3/2022) ritual kawin belut listrik sangat berbeda dari hewan lain, bahkan terbilang aneh.

Dalam proses tersebut, belut listrik jantan akan membentuk sarang terlebih dahulu agar mereka nyaman selama kawin.

Pejantan juga akan menggunakan air liur untuk menyatukan sarangnya. Adapun belut listrik biasanya kawin selama musim kemarau atau sekitar bulan Oktober hingga April.

Sementara, ketika musim kawin tiba belut listrik betina akan memasuki sarang dan mengeluarkan setidaknya 1.200 hingga 1.700 butir di dalamnya. Kemudian, para pejantan akan kembali untuk membuahi telur-telur itu dengan spermanya.

Baca juga: Spesies Baru Belut Listrik Ditemukan, Berdaya Sengat Hingga 860 V

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com