Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Meningkatkan Imunitas, Ini 4 Bahan Herbal yang Cocok Dicampur Madu

Kompas.com - 10/03/2022, 10:05 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjaga imunitas tubuh menjadi satu bagian penting agar terhindar dari risiko yang mengganggu kesehatan. Kekebalan tubuh diperlukan untuk memberikan pertahanan terhadap patogen dan melindungi tubuh dari infeksi.

Sistem kekebalan tubuh yang lemah bisa menjadi penyebab meningkatnya kerentanan tubuh terhadap infeksi dan memungkinkan infeksi menjadi lebih parah.

Infeksi dalam tubuh memunculkan respons inflamasi atau peradangan, sebagai reaksi sistem kekebalan tubuh alami melawan serangan penyakit.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Madu untuk Menjaga Sistem Imunitas Tubuh?

Meskipun mempunyai fungsi yang baik, proses inflamasi yang terjadi dalam jangka panjang dapat merugikan dan membahayakan tubuh.

“Mengurangi peradangan penting untuk dilakukan, salah satunya melalui pemenuhan nutrisi yang mengandung zat-zat yang dapat menghambat terjadinya peradangan yang berlebihan,” kata Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si dalam seminar Combiphar, Rabu (9/2/2022).

Inggrid menjelaskan, terdapat beberapa mikronutrien dan senyawa antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk pengoptimalan sistem kekebalan serta mengurangi risiko infeksi dan peradangan.

Jenis mikronutrien dan senyawa antioksidan tersebut meliputi vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan beberapa mineral seperti magnesium, seng serta zat besi, juga senyawa antioksidan seperti flavonoid dan asam fenolat.

Selain mengonsumsi suplemen dan makanan sehat, Anda bisa memasukkan madu dan beberapa bahan herbal ke dalam daftar asupan yang dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi, terutama mikronutrien, serta senyawa antioksidan tersebut.

Bahkan, kombinasi madu dan beberapa jenis herbal yang diracik menjadi minuman mampu meningkatkan antioksidan, serta memperbaiki kesehatan secara menyeluruh.

Baca juga: 13 Manfaat Petai untuk Kesehatan, Apa Saja?

Bahan herbal yang dapat dikombinasikan dengan madu

Madu memiliki nutrisi seperti vitamin C, vitamin B, kalsium, protein, kalsium zat besi, dan bahan-bahan mineral lainnya serta senyawa-senyawa flavonoid dan asam fenolat, yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta dapat memberikan sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Beberapa bahan herbal yang dapat dikombinasikan dengan madu dan manfaatnya sebagai berikut:

1. Jahe

Jahe memiliki efek imunomodulator, sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Jahe dapat meredakan batuk dan gangguan pencernaan.

2. Sari jeruk nipis

Sari jeruk nipis mengandung vitamin C dan folat yang keduanya memiliki peran dalam mempertahankan integritas penghalang imunologis dan mendukung fungsi berbagai jenis sel kekebalan tubuh.

Jeruk nipis juga memiliki berbagai jenis antioksidan, seperti kelompok senyawa polifenol, misalnya flavonoid.

Baca juga: Bagaimana Lebah Tanpa Sengat Membuat Madu yang Sehat? Ilmuwan Akhirnya Temukan Rahasianya

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com