Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti Angsa Didomestikasi Lebih Awal dari Ayam di China

Kompas.com - 09/03/2022, 09:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Sebuah studi mengungkap bahwa angsa sudah didomestikasi sejak 7000 tahun di China. Temuan ini pun menunjukkan kalau angsa bisa saja menjadi burung pertama yang dijinakkan sebelum ayam.

Hasil studi tersebut disimpulkan peneliti usai menganalisis tulang angsa yang berasal dari Zaman Batu di China.

Menurut Masaki Eda dari Hokkaido University Museum di Sapporo, Jepang, temuan dapat memperluas mengenai sejarah domestikasi angsa serta kemungkinan sejarah unggas domestik secara keseluruhan.

Eda sendiri merupakan bagian dari tim yang menggali situs arkeologi Tianluoshan di China Timur.

Situs tersebut merupakan desa Zaman Batu antara 7000 hingga 5500 tahun yang lalu. Penduduknya pada dasarnya merupakan pemburu pengumpul tetapi mereka juga menanam padi di sawah.

Mengutip New Scientist, Selasa (8/3/2022) di situs tersebut, peneliti kemudian mengidentifikasi 232 tulang angsa. Peneliti mengatakan pula ada banyak bukti bahwa beberapa angsa setidaknya dijinakkan.

Baca juga: 5 Hewan yang Paling Setia, Salah Satunya Angsa

Bukti bahwa angsa didomestikasi lebih awal dari ayam ini terlihat dari temuan empat tulang milik angsa dewasa berusia kurang dari 16 minggu dan yang termuda berusia kurang dari delapan minggu.

Itu berarti angsa pasti menetas di Tianluoshan karena terlalu muda untuk terbang dari tempat lain. Menariknya pula, peneliti tak menemukan angsa liar yang berkembang biak di daerah tersebut.

Lalu bukti selanjutnya adalah beberapa angsa berdasarkan susunan kimiawi tulang mereka tampaknya juga dibiakkan secara lokal. Susunan kimiawi itu mencerimkan air yang mereka minum.

Selain itu juga ukuran tubuh angsa rata-rata sama yang menunjukkan salah satu bukti domestikasi pula.

Akhirnya, para peneliti melakukan penanggalan karbon pada tulang dan menemukan bahwa angsa yang dibesarkan secara lokal hidup sekitar 7000 tahun yang lalu.

Penanggalan radio karbon ini lebih bisa diandalkan daripada menentukan penanggalan menggunakan sedimen yang ada disekitar.

"Secara keseluruhan, temuan (bukti domestikasi angsa di China) ini menunjukkan angsa berada pada tahap awal domestikasi," kata Eda.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Setia pada Satu Pasangan, Angsa Kanada Siap Bertarung Memperebutkan Betina

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com