Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2022, 21:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comGinjal merupakan organ penting di dalam tubuh yang berfungsi mengatur cairan di dalam tubuh, keseimbangan elektrolit, filtrasi darah, dan mengeluarkan zat sisa yang tidak diperlukan tubuh. Ginjal adalah organ yang kompleks. Bagian-bagian ginjal akan dibahas di dalam artikel ini.

Ginjal adalah organ berbentuk kacang yang terletak di belakang organ hati. Dengan mengenal struktur ginjal, kita akan lebih paham akan fungsinya dan bagaimana menjaganya untuk tetap sehat.

Struktur ginjal

Ginjal tersusun atas unit kerja fungsional bernama nefron. Dalam satu buah ginjal, terdapat sekitar 1 juta nefron yang menjalankan fungsi ginjal.

Nefron adalah jaringan yang terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut:

1. Glomerolus

Glomerolus adalah gulungan kapiler yang dikelilingi kapsul epitel bernama Kapsula Bowman. Fungsi glomerolus adalah untuk ultrafiltrasi dari plasma.

2. Tubulus proksimal

Tubulus proksimal adalah saluran berliku-liku yang berada setelah glomerolus. Fungsi tubulus proksimal adalah reabsorpsi zat-zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh, contohnya adalah asam amino.

3. Lengkung Henle

Lengkung Henle adalah saluran berbentuk U yang merupakan perpanjangan dari tubulus proksimal. Saluran ini memiliki panjang sekitar 2 sampai 14 milimeter. Fungsi lengkung henle adalah mengendapkan garam di interstitium.

Baca juga: Penyebab Gagal Ginjal dan Faktor Risikonya

4. Tubulus distal

Fungsi tubulus distal adalah mensekresi kation hidronium dan amonium untuk mengatur pH urine. Saluran ini akan menghasilkan urine yang kita kenal.

5. Duktus kolektivus

Duktus kolektivus, sesuai namanya, saluran ini berfungsi untuk mengumpulkan urine untuk dibawa ke pelvis renalis. Fungsi pelvis renalis adalah mengalirkan urine dari ginjal menuju ke kantung kemih sebelum dikeluarkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com