Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Kadar Polusi Udara PM2.5 Lebih Tinggi di Pagi Hari, Studi Jelaskan

Kompas.com - 03/03/2022, 12:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kualitas udara di pagi hari dianggap paling bersih dan menyehatkan, terlebih bagi mereka yang sering berolahraga pada waktu ini. Tetapi ternyata, studi ungkap bahwa kita perlu untuk mewaspadai kadar polusi udara PM2.5.

Sebab, fakta riset di tahun 2021 yang dilakukan Nafas, aplikasi pengukur kualitas udara, menunjukkan AQI (indeks kualitas udara) di pagi hari justru buruk karena tingginya polusi udara PM2.5.

Hal ini disampaikan Data Scientist Nafas Indonesia, Prabu Setyaji dalam webinar NAFAS Air Quality Report 2021: Bagaimana Kualitas Udara tahun 2021?; Rabu (2/3/2022).

Perlu diketahui, particulate matter 2.5 atau PM2.5 adalah polutan yang berukuran lebih kecil dari sel darah merah dan tidak bisa disaring oleh tubuh manusia.

Baca juga: Dampak Nyata Polusi Udara, Picu 6 Juta Kelahiran Prematur Setiap Tahun

Selain itu, zat PM2.5 yang terkadung dalam polusi udara ini juga mampu untuk memasuki sistem peredaran darah yang pada akhirnya bisa membahayakan kesehatan.

Prabu menjelaskan bahwa kualitas udara di Jabodetabek pada pagi hari yakni antara pukul 04.00 WIB hingga 09.00 WIB menunjukkan kualitas udara berada di tingkat yang buruk, atau tidak sehat. Sementara kualitas udara terbaik ditunjukkan pada pukul 14.00 WIB.

Artinya, pagi hari justru bukan waktu terbaik untuk melakukan aktivitas seperti berolahraga.

Riset tersebut pun menemukan bahwa rata-rata polusi udara PM2.5 pada pagi hari, bisa lebih dari tiga kali di atas 26 µg/m3.

Sebagai informasi tentang kadar polusi udara ini, ambang batas aman PM2.5 di udara menurut Organisasi Kesehatan Dunia WHO (2021) adalah 5 µ/m3.

Baca juga: Studi Ungkap Polusi Udara Pengaruhi Kualitas Sperma

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com