Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terinfeksi Covid-19 Bergejala Ringan, Bisakah Sembuh Tanpa Minum Obat?

Kompas.com - 27/02/2022, 12:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Infeksi Covid-19 varian Omicron lebih banyak membuat pasiennya memiliki gejala ringan, dan karena itu banyak yang memilih tidak minum obat. Tapi, sebenarnya bisakah pasien Covid-19 sembuh tanpa minum obat?

Mengenai perkara ini, Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi M.Epid menegaskan, sebenarnya mengonsumsi obat akan lebih baik daripada tidak sama sekali, dan ini juga berlaku bagi pasien isolasi mandiri (isoman) dengan infeksi Covid-19 bergejala ringan sekalipun.

"Kalau ada obat, ya bagusnya diminum. Kita tahu sebenarnya obat membantu percepatan penyembuhan," kata Nadia kepada Kompas.com, Sabtu (26/2/2022).

Baca juga: Beredar Pesan Berantai Resep Obat Herbal untuk Infeksi Omicron, Benarkah Efektif?

Ia menegaskan, bahwa tidak meminum obat sama sekali dan berharap bisa sembuh dengan sendirinya karena bergejala ringan bukanlah pilihan yang bijak untuk diri pasien serta keluarga.

Hal ini dikarenakan, infeksi Covid-19 memiliki potensi risiko perburukan yang bisa terpengaruh oleh banyak sekali faktor risiko internal dan eksternal.

Untuk itu, bantuan konsumsi obat yang sesuai dengan penyakitnya merupakan pilihan terbaik yang bisa dilakukan agar dapat bertahan dari kondisi infeksi virus SARS-CoV-2 ini.

"Yang penting saat ini, jangan sampai kita malah memperlambat proses penyembuhan kita, bahkan semakin memperberat," tegasnya.

Lalu, bisakah konsumsi obat yang dijual di warung-warung biasa untuk penyembuhan infeksi Covid-19 bergejala ringan?

Lebih lanjut, kata Nadia, meskipun bergejala ringan dan mirip dengan beberapa gejala penyakit influenza, selesma atau common cold, sebenarnya infeksi Covid-19 tetaplah suatu hal yang berbeda dari penyakit-penyakit tersebut.

Baca juga: Mengenal Molnupiravir dan Favipiravir, Obat Covid-19 untuk Gejala Ringan

Dengan begitu, jika ada orang yang sakit dan bergejala seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, sakit dan nyeri, diare, flu, batuk, pilek, yang biasanya mengandalkan obat-obatan warung untuk mengobatinya, bila Anda benar-benar terkonfirmasi positif Covid-19, sebaiknya meminum obat yang telah diresepkan oleh petugas kesehatan.

"Maksudnya kalau pakai obat warung, karena itu pengobatan sendiri belum tentu tepat," kata dia.

"Jadi sebaiknya tetap menggunakan obat yang sesuai anjuran nakes (tenaga kesehatan)," tambahnya.

Selain mengonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh nakes, pasien konfirmasi positif Covid-19 juga harus rajin mengonsumsi vitamin dan makan-makanan bergizi baik supaya bisa cepat sembuh.

Serta, upayakan untuk rajin berolahraga supaya tubuh tetap bugar.

Baca juga: Lakukan Hal Ini agar Cepat Sembuh dari Covid-19 Selama Isoman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com