Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Gempa Pasaman Barat, Termasuk Sudah 62 Kali Susulan Sampai Hari Ini

Kompas.com - 26/02/2022, 19:33 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Gempa bumi tektonik yang telah mengguncang wilayah Talamau, Pasaman Barat, Sumatera Barat kemarin menghebohkan masyarakat. Berikut fakta gempa Pasaman Barat yang hingga hari ini, Sabtu (26/2/2022) sudah terjadi 62 kali gempa susulan

Gempa bumi tektonik dengan magnitudo M 6,2 itu terjadi pada pukul 08.39 WIB, Jumat, 25 Februari 2022.

Berikut beberapa fakta gempa terkini dari hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait gempa Pasaman Barat tersebut.

1. Lokasi pusat gempa

Hasil analisis BMKG gempa Pasaman Barat menunjukkan gempa tersebut memiliki parameter update dengan magnitudo M6,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,14° LU ; 99,94° BT.

Lokasi tepatnya berada di darat pada jarak 12 kilometer Timur Laut wilayah Pasaman Barat, Sumatera Barat pada kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: Gempa Pasaman Barat, 9 Sejarah Gempa Sumatera Barat dari BMKG

Berdasarkan hasil pemodelan BMKG, fakta gempa Pasaman Barat kemarin tidak menunjukkan adanya potensi tsunami akibat guncangan gempa bumi. 

2. Jenis dan sumber gempa bumi

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal atau shallow crustal earthquake akibat aktivitas sesar aktif, yaitu Sesar Besar Sumatera tepatnya pada Segmen Angkola bagian selatan.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," kata Bambang.

3. Dampak getaran gempa

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di sejumlah daerah dengan skala intensitas berbeda-beda.

Di daerah setempat getaran akibat guncangan gempa Pasaman Barat dirasakan dengan skala intensitas VI MMI, di mana getaran dirasakan oleh semua penduduk dan kebanyakan semua terkejut dan lari keluar.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 4,4 di Pasaman Barat Berpusat di Samudra Hindia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com