Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Herpes Labialis yang Diidap Balita Australia Usai Dicium Orang Dewasa

Kompas.com - 22/02/2022, 10:01 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Seorang balita di Australia harus menahan sakit dan terus menangis karena bintik-bintik merah muncul di sekitar mulutnya yang diduga Herpes Labialis karena usai dicium orang dewasa.

Kisah balita itu viral setelah foto dan videonya diposting oleh akun Instagram @tinyhearteducation, yang mengangkat curahan ibu di Australia bernama Leah Green.

Leah menceritakan, putrinya atau balita dalam foto dan video itu baru berusia 21 bulan harus mengidap herpes bibir setelah dicium oleh orang dewasa.

Leah pun mengingatkan agar banyak orang belajar dari pengelaman yang dialaminya itu, juga orang tua tidak mengizinkan balitanya dicium sembarangan orang.

"Dengarkan dan pelajari dari pengalaman langsung saya mengapa Anda tidak boleh mencium bayi/anak-anak, terutama jika mereka bukan milik Anda," tulis Leah, dikutip dari Daily Mail.

Apa itu Herpes Labialis?

Terkait kasus balita kena herpes setelah dicium orang dewasa, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di IORA Dermatology Clinic, Dr Edwin Tanihaha SpKK, MHKes., FKCCS mengatakan, pada umumnya lesi kemerahan dan berisi air di sekitar mulut yang tampak melepuh disebut dengan herpes labialis.

"Herpes di bibir disebut herpes labialis," kata Edwin kepada Kompas.com, Sabtu (19/2/2022).

Baca juga: Kisah Viral Balita Kena Herpes Usai Dicium Orang Dewasa, Benarkah Hal Ini Bisa Terjadi?

Penyakit herpes adalah hasil dari infeksi virus herpes simpleks ((HSV) yang menyebabkan luka atau lecet di dalam atau di sekitar mulut atau alat kelamin.

Terdapat dua jenis herpes, yakni HSV-1 dan HSV-2. HSV-1 menyebabkan herpes oral yang biasanya memengaruhi mulut dan kulit di sekitarnya.

Jika ada luka berwarna kemerahan dan berisi air di sekitar mulut atau lepuhan kecil, bisa jadi itu adalah herpes labialis.

Bahkan, pada beberapa kasus yang lebih jarang, herpes labialis bisa muncul di hidung, jari, dan area dalam mulut.

Penularan dan penyebab herpes labialis

Herpes labialis terjadi karena virus herpes simplex tipe (HSV-1), berbeda dengan virus herpes simplex tipe 2 (HSV-2) yang menyebabkan herpes genital.

Kedua jenis virus ini menyebabkan munculnya luka berwarna kemerahan yang menimbulkan rasa nyeri.

Edwin mengatakan, herpes termasuk penyakit yang mudah menular bahkan jika lukanya tidak terlihat sekalipun.

Penderita herpes labialis dapat menularkan penyakitnya ke bayi, balita, anak ataupun ke orang dewasa apabila herpesnya sedang aktif.

Baca juga: Herpes: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com