Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawang Putih Bisa Mengobati Stroke Ringan, Benarkah? Ini Penjelasan Dokter

Kompas.com - 21/02/2022, 07:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bawang putih sering kali dianggap sebagai salah satu jenis bumbu dapur yang berguna bagi kesehatan. Salah satunya, diyakini sebagian orang dapat mengobati atau mengatasi stroke ringan.

Hal ini dikarenakan kandungan di dalamnya yang disebut bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat mencegah ataupun mengobati stroke ringan. Lantas, benarkah cara mengobati stroke ringan dengan bawang putih dianjurkan?

Menjawab hal tersebut, Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah - Bintaro Jaya, dr Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.GK, berkata bahwa dari sisi medis, bawang putih tidak dapat digunakan untuk menyembuhkan stroke ringan.

"Mungkin berita-berita yang menyebutkan bawang putih bisa menyembuhkan stroke ringan disebabkan, karena bawang putih mempunyai efek melebarkan pembuluh darah," terang Diana kepada Kompas.com, Minggu (20/2/2022).

Baca juga: 8 Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan, Bisa Pakai Bawang Putih

"Sehingga dianggap bisa menyembuhkan stroke ringan. Tetapi sebenarnya, stroke ringan sembuh sendiri tanpa adanya pemakaian herbal, minum sesuatu atau obat-obatan," lanjutnya.

Dihubungi secara terpisah, Dokter Spesialis Saraf RS Pondok Indah - Puri Indah, dr Marcus Adityawan Bahroen, Sp.S, pun mengatakan hal senada. Menurutnya, bawang putih untuk obat stroke ringan belum terbukti secara ilmiah.

"Belum ada penelitian besar dan bagus yang menyatakan demikian (cara mengobati stroke ringan dengan bawang putih), sehingga saat ini belum bisa direkomendasikan," jelasnya.

Untuk diketahui, stroke ringan sebenarnya merupakan gangguan seperti stroke dengan gejala lumpuh sebelah, atau cara bicara yang tidak normal. Dijelaskan dr Diana, kondisi itu diakibatkan oleh adanya penyumbatan pembuluh darah, terutama di daerah otak terutama.

Namun kondisi ini, kata dia, membuat risiko orang yang pernah menderita stroke ringan sebelumnya menjadi lebih tinggi untuk mengalami stroke di kemudian hari.

Dokter Diana juga menegaskan, bahwa stroke adalah gejala yang terjadi akibat sumbatan di pembuluh darah dan tidak ada bahan makanan yang bisa mengobati.

"Jika Anda mengalami gejala-gejala stroke ringan segera ke dokter saraf, jangan mencoba untuk mengobati sendiri karena stroke memiliki golden period di mana pada saat dibawa ke rumah sakit nanti proses penyembuhannya akan lebih baik," papar Diana.

Terlepas dari anggapan tersebut, bawang putih memang bermanfaat bagi tubuh dan dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung maupun digunakan dalam bahan masakan.

Baca juga: 3 Efek Terlalu Banyak Makan Bawang Putih

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com