Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Kasus Model Novi Amelia, Ini 7 Orang Rentan Melakukan Bunuh Diri

Kompas.com - 19/02/2022, 12:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Pihak kepolisian saat ini masih mendalami motif, model Novi Amelia melakukan tindakan bunuh diri pada Rabu (16/2/2022).

Model Novi Amelia ini diketahui memiliki nama asli Linda Astuti berasal dari Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Ia ditemukan tewas bunuh diri dengan melompat dari lantai delapan Tower Raflesia di komplek apartemen Kalibata City pada Rabu pagi sekitar pukul 05.00 WIB.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Ridwan Soplanit menjelaskan, sebelum insiden itu terjadi, seorang sekuriti apartemen yang sedang patroli melihat Novi duduk di tembok luar kamar apartemen. 

"Dia duduk di tembok samping jendela lantai 8 apartemen. Sekuriti sempat teriak dari bawah," ujar Ridwan saat dikonfirmasi, Rabu. 

Teriakan sekuriti itu diduga tak didengar Novi. Novi Amelia bunuh diri dengan menjatuhkan diri hingga tubuhnya terbentur bibir tembok dan mobil yang terparkir. 

Melihat dari situasi yang terjadi, dugaan sementara Novi Amelia memiliki permasalahan individu yang membuatnya mengakhiri kehidupan dengan bunuh diri, sebab pada jenazah yang ditemukan tidak ada bekas kekerasan atau penganiayaan.

Baca juga: Agar Tak Ada Novi Amelia Lagi, Kenali Penyebab dan Ciri Seseorang Ingin Bunuh Diri

Orang rentan melakukan bunuh diri

Ketua Umum Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia, Dr Indria Laksmi Gamayanti, MSi.,Psikolog mengatakan, bunuh diri bisa terjadi di mana saja dan oleh siapapun. Akan tetapi, memang ada kecenderungan orang-orang yang sangat berisiko atau rentan melakukan bunuh diri.

"Individu yang mengalami masalah psikologi berat atau gangguan jiwa, jelas sangat berisiko melakukan bunuh diri," kata Indria dalam pemberitaan Kompas.com edisi 22 September 2021.

Seseorang yang memiliki masalah psikologi berat atau gangguan jiwa akan dengan mudah mengalami depresi.

Depresi itu pun bisa berasal dari berbagai kondisi yang mengguncangkan jiwa mereka, dan orang tersebut umumnya cenderung sering mengalami beberapa hal berikut dalam hidupnya.

1. Ada predisposisi kerentanan

Orang pertama yang berisiko melakukan bunuh diri adalah mereka yang memiliki predisposisi kerentanan.

Prediposisi kerentanan yang dimaksudkan adalah kondisi tubuh yang rawan atau mudah terjangkit penyakit, dalam kasus ini adalah kecenderungan seseorang untuk menerima atau menolak sesuatu berdasarkan pengalaman dan norma yang dimilikinya tentang bunuh diri.

Novi Amelia bunuh diri dengan menjatuhkan tubuhnya dari lantai 8 sebuah apartemen Kalibata City.

Baca juga: Kasus Bunuh Diri Mahasiswi NWR, Ahli Tegaskan Pemaksaan Aborsi Termasuk Kekerasan Seksual

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com