Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Apa Itu Chemtrails? | Isu Chemtrails Sebabkan Omicron | Dinosaurus Makanan Terakhir Buaya Purba | Kelelawar Tidur Terbalik

Kompas.com - 18/02/2022, 07:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Isu Chemtrails, fenomena jejak asap pesawat jet, ramai dan viral dikaitkan dengan penyebaran Omicron. Berita ini menjadi salah satu artikel populer Sains sepanjang Kamis (17/2/2022).

Sebuah video viral di media sosial yang mengungkapkan bahwa chemtrails menyebabkan penyebaran Omicron. Namun, isu ini pun ditepis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Isu chemtrails sebabkan Omicron ini disebut BMKG, hanyalah teori konspirasi.

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Urip Haryoko, ketika menanggapi video viral penampakan awan mirip sisa pesawat di Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat, pada 7 Februari 2022.

Selain berita ramai soal chemtrails, berita populer Sains yang ramai dibaca yakni ahli mengungkapkan bahwa dinosaurus menjadi makanan terakhir buaya purba pada periode Kapur.

Salah satu keunikan kelelawar yang membuat penasaran, adalah cara kelelawar tidur dengan posisi terbalik dan menggantung di dalam gua.

Berikut rangkuman beberapa berita populer Sains sepanjang Kamis (17/2/2022) hingga Jumat (18/2/2022) pagi.

Apa itu Chemtrails fenomena jejak asap pesawat?

Fenomena jejak asap yang dihasilkan pesawat saat mengudara atau chemtrails, menjadi sorotan khalayak ramai.

Sebab, dalam sebuah video viral mengungkapkan bahwa hal tersebut ditengarai berkaitan dengan penyebaran virus varian Omicron.

Isu ini telah ditepis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Plt. Deputi Bidang Klimatologi BMKG Urip Haryoko mengungkapkan, chemtrails dan penyebaran Omicron merupakan informasi yang tidak tepat dan dibuat untuk menciptakan keresahan masyarakat.

"Isu chemtrails dapat diklasifikasikan sebagai teori konspirasi yang menyebar dan membuat kepanikan publik," ujar Urip dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Kamis (17/2/2022).

Apa itu chemtrails?

Chemtrails adalah gabungan dari chemistry (kimia) dan trails (jejak), dimaknai sebagai penyebaran zat kimia tertentu yang biasanya beracun atau berbahaya melalui pesawat terbang.

Selengkapnya, berita populer Sains tentang apa itu chemtrails, dapat disimak di sini.

Baca juga: Apa Itu Chemtrails, Fenomena Jejak Asap Pesawat yang Dikaitkan dengan Penyebaran Omicron?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com