Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2022, 21:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Anda gemar memakan tahu dan tempe? Ternyata keduanya mengandung ragi yang merupakan kombinasi bakteri dan jamur. Bagaimana dengan yoghurt dan nata de coco? Makanan manis yang disukai banyak orang ini juga mengandung bakteri. Semua itu ternyata merupakan teknologi pangan.

Bioteknologi

Teknologi pangan adalah teknologi yang diterapkan untuk mengolah makanan, salah satunya dengan bioteknologi. Bioteknologi memanfaatkan mikroorganisme, seperti bakteri dan jamur, untuk menghasilkan suatu produk makanan.

Bioteknologi ini telah digunakan oleh banyak produsen makanan, baik secara konvensional, maupun modern. Bioteknologi konvensional memanfaatkan mikroorganisme untuk melakukan proses fermentasi, seperti pembuatan tempe, tape, tahu, dan oncom.

Sedangkan bioteknologi modern tetap menggunakan mikroorganisme, namun memanfaatkan proses lain seperti penambahan biokimia dan rekayasa DNA. Teknologi modern ini jarang digunakan karena leih rumit dan lebih mahal.

Pemilihan mikroorganisme dan teknologi yang digunakan untuk mengolah masing-masing pangan tergantung dari proses dan hasil akhir yang diinginkan. Misalnya, apakah yang diinginkan fermentasi oleh jamur atau fermentasi asam laktat.

Baca juga: 5 Makanan yang Mengandung Probiotik, Tidak Hanya Yoghurt

Pemanfaatan mikroorganisme dalam makanan

Dalam bioteknologi, mikroorganisme dimanfaatkan sebagai penghasil dan pengubah bahan makanan. Berikut ini adalah contoh pemanfaatan mikroorganisme dalam makanan yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan yoghurt adalah Lactobacillus paracasei, Lactobacillus plantarum, Lactobacillus Bulgaricus, Streptococcus thermophilus, atau Lactobacillus plantarum.

Mikroorganisme yang cocok digunakan pada proses pembuatan nata de coco yaitu Acetobacter xylinum. Sedangkan untuk membuat keju, mikroorganisme yang sering digunakan adalah Lactobacillus casei.

Pembuatan tempe menggunakan mikroorganisme Lactobacillus fermentum, Rhizopus oligosporus, atau Rhizopus stolonifer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com