Akibat Perubahan Iklim, Tanaman Berbunga di Antartika Alami Ledakan Pertumbuhan

Kompas.com - 15/02/2022, 20:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Iklim yang memanas turut mendorong pertumbuhan tanaman berbunga lebih cepat dan masif di Antartika. Dampak perubahan iklim ini menjadi berita buruk, karena kabar itu mewakili titik kritis bagi ekosistem yang berubah di kawasan tersebut.

Sebelumnya, ilmuwan telah mengamati peningkatan pertumbuhan tanaman berbunga akibat perubahan iklim di belahan Bumi utara, tetapi temuan terbaru merupakan pertama yang tercatat di Antartika selatan.

Mengutip New Scientist, Selasa (15/2/2022) dalam studi yang dipublikasikan di Current Biology ini, Nicoletta Cannone dari University of Insubria, Italia bersama rekan-rekannya mengukur pertumbuhan dua tanaman berbunga asli Antartika.

Kedua tanaman itu adalah Deschampsia antarctica dan Colobanthus quitensis. Peneliti melakukan pengukuran tanaman di sejumlah lokasi di Signy Island sepanjang tahun 2009 hingga 2019.

Peneliti kemudian membandingkan pengamatan mereka dengan survei dari 50 tahun sebelumnya. Mereka menemukan Signy Island lebih padat oleh tanaman.