Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPOM Sebut Kontaminasi BPA pada Air Minum Galon Isi Ulang Berbahaya, Bagaimana Cara Menghindarinya?

Kompas.com - 06/02/2022, 20:01 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) membenarkan temuan potensi berbahaya dari migrasi Bisphenol A (BPA) atau perpindahan BPA dari kemasan pangan ke dalam pangan.

Dalam pengujian post-market air minum galon isi ulang dalam satu tahun terakhir, BPOM menemukan adanya bahaya dari migrasi BPA pada sarana distribusi serta fasilitas produksi industri air minum dalam kemasan (AMDK).

Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Rita Endang menyampaikan bahwa potensi berbahaya itu telah mencapai ambang batas.

"Pada uji post-market 2021-2022, dengan sampel yang diperoleh dari seluruh Indonesia, menunjukkan kecenderungan yang mengkhawatirkan, dan adanya potensi bahaya migrasi Bisfenol-A (BPA) pada sarana distribusi dan fasilitas produksi industri AMDK," kata Rita seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (2/2/2022).

Baca juga: Bahaya untuk Kesehatan, Komnas PA Minta Pemerintah Atur Penggunaan BPA

Adapun potensi bahaya migrasi BPA di sarana distribusi dan peredaran 1,4 kali lebih besar dari sarana produksi.

Rita menambahkan, potensi bahaya di sarana distribusi mencapai 1,95 kali berdasarkan pengujian terhadap kandungan BPA pada produk AMDK berbahan polikarbonat, dari sarana produksi maupun distribusi di seluruh Indonesia.

BPOM pun telah mengkaji paparan Bisphenol A pada konsumen produk galon isi ulang yang menunjukkan, bahwa kelompok paling rentan akan BPA antara lain bayi usia 6-11 bulan berisiko 2,4 kali, anak berusia 1-3 tahun berisiko 2,12 kali dibandingkan kelompok dewasa usia 30-64 tahun.

Di samping itu, studi Cohort di Korea Selatan yang dipublikasikan tahun 2021 di Journal of Korean Medical Science menunjukkan adanya hubungan antara peningkatan infertilitas pada kelompok tinggi paparan BPA dengan odds ratio atau rasio paparan penyakit mencapai 4,25 kali.

Hal serupa diungkapkan pula oleh pakar toksikologi Universitas Indonesia (UI) Dr Rer Nat Budiawan. Menurut dia, paparan BPA juga sangat berisiko pada orang dewasa terutama ibu yang sedang hamil dan juga menyusui.

"Bisphenol A (BPA) adalah bahan kimia yang dapat memberi efek samping terhadap hormon endokrin dalam tubuh akibat paparan berulang, yang dapat mengganggu perkembangan janin, bayi dan anak-anak serta dapat berisiko menyebabkan penyakit kanker," beber Budiawan saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (5/2/2022).

sebagai informasi, BPA adalah bahan campuran utama jenis plastik polikarbonat yang kerap digunakan untuk kemasan galon isi ulang. Selain pada kemasan galon, BPA juga kerap dipakai pada kemasan botol minum plastik.

Baca juga: Apa itu BPA Free dan Bahaya BPA Bagi Tubuh

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com