Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakteristik Planet Uranus, Planet Dingin Berwarna Biru Kehijauan

Kompas.com - 05/02/2022, 20:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comUranus adalah planet ke tujuh dari Matahari. Planet ini pertama kali ditemukan pada tahun 1781 oleh seorang ahli astronomi bernama William Herschel. Awalnya dia mengira objek langit ini adalah komet atar bintang. Baru dua tahun kemudian, ahli astronomi lainnya yang bernama Johann Elert Bode mengamati benda langit ini dan benda langit ini diakui sebagai planet.

Karakteristik planet Uranus

Setiap planet memiliki keunikan masing-masing. Dilansir dari Solar System Exploration NASA, berikut adalah karakteristik planet Uranus.

  • Planet Uranus adalah planet terbesar ketiga di dalam susunan tata surya. Uranus memiliki ukuran 4 kali lebih besar dari Bumi.
  • Planet Uranus memiliki jarak sekitar 2,9 milyar kilometer dari Matahari. Jarak ini membuat cahaya Matahari baru sampai ke Uranus setelah 2 jam 40 menit.
  • Satu hari di Uranus setara dengan 17 jam di Bumi. Sedangkan satu tahun di Uranus atau satu kali berevolusi setara dengan 84 tahun Bumi.
  • Uranus adalah planet yang diibaratkan seperti es yang besar. Inti planet ini adalah batuan yang cukup kecil. Sedangkan sisa massa planetnya terdiri dari cairan padat, yaitu air, metana, dan amonia.
  • Kandungan metana yang tinggi pada permukaannya membuat planet ini tampak berwarna biru. Metana akan menyerap cahaya merah dan menyisakan warna biru kehijauan yang tampak.
  • Uranus memiliki atmosfer yang terdiri dari gas hidrogen dan helium dengan sedikit campuran metana.
  • Uranus memiliki banyak bulan, yaitu 27 bulan. Bulan yang mengelilingi Uranus diberi nama dengan karakter dari karya William Shakespeare dan Alexander Pope.
  • Uranus adalah planet yang memiliki cincin, walaupun cincinnya tidak sebanyak Saturnus. Uranus memiliki 13 cincin. Cincin yang paling dalam tipis dan berwarna gelap. Semakin keluar, cincin akan berwarna semakin terang.
  • Uranus berotasi dengan arah dari timur ke barat. Arah ini sama seperti Venus dan merupakan kebalikan dari planet lainnya.
  • Tidak ada kehidupan di Uranus. Permukaan Uranus sangat dingin dan berangin. Kondisi ini membuat Uranus tidak mungkin menjadi tempat tinggal.
  • Hanya pesawat Voyager 2 yang pernah dikirim untuk terbang ke Uranus. Belum pernah ada pesawat yang dikirim untuk mengorbit mengelilingi planet ini untuk mengetahui lebih detail mengenai planet ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com