Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Rambutan, Bisa Bantu Lawan Infeksi Virus

Kompas.com - 04/02/2022, 09:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Musim rambutan telah tiba. Buah berkulit merah dan unik ini memiliki daging buah berwarna putih manis yang disukai banyak orang. bukan sekadar buah, rambutan memiliki banyak manfaat luar biasa bagi tubuh kita.

Buah ini hanya tumbuh di negara-negara tropis, seperti Indonesia dan Malaysia. Karena ini buah musiman yang tidak selalu tersedia, maka ini waktu yang bagus untuk makan rambutan, bukan?

Manfaat rambutan

Rambutan adalah buah yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, buah rambutan memiliki manfaat yang luas, mulai dari menurunkan berat badan hingga meningkatkan fungsi saluran pencernaan.

Berikut adalah rangkuman manfaat rambutan untuk kesehatan:

1. Mencegah kanker

Rambutan mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan kuat yang mampu melawan radikal bebas. Radikal bebas diyakini merupakan salah satu pemicu kanker. Mengonsumsi 5 sampai 6 buah rambutan sudah mencukupi setengah dari kebutuhan vitamin C harian Anda.

2. Meningkatkan imun tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalam rambutan, tidak hanya berfungsi untuk menangkal radikal bebas, namun juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun. Selain itu, terdapat penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa rambutan bisa membantu melawan infeksi dengan cara menghambat virus bereplikasi.

Baca juga: Manfaat Buah Duku dan Kandungan Gizinya Baik untuk Diet hingga Cegah Penuaan Dini

3. Meningkatkan fungsi saluran cerna

Rambutan mengandung serat yang cukup tinggi setara dengan serat yang terkandung di dalam apel, jeruk, dan pir. Rambutan mengandung serat larut dan serat tidak larut.

Serat tidak larut berfungsi untuk mencegah konstipasi atau susah air besar karena serat ini tidak dicerna, melainkan hanya melewati saluran cerna. Sedangkan serat larut berfungsi untuk memberi makan bakteri baik dalam saluran cerna agar memproduksi zat-zat yang dibutuhkan dalam proses pencernaan, seperti asam lemak asetat dan propionat.

4. Menurunkan berat badan

Rambutan adalah buah yang kaya serat namun rendah kalori. Ini membuat buah rambutan ideal untuk membantu menurunkan berat badan karena mampu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, serat dalam rambutan juga membuat proses pencernaan lebih lambat sehingga terasa kenyang lebih lama. Ketika merasa kenyang, seseorang akan terhindar dari pola makan berlebihan yang bisa memicu kenaikan berat badan.

5. Menjaga kesehatan tulang

Salah satu manfaat rambutan yang belum banyak orang tahu adalah rambutan bisa menjaga kesehatan tulang. Salah satu mineral yang terkandung di dalam rambutan adalah potasium. Potasium adalah mineral penting yang bisa menjaga kepadatan tulang serta mencegah osteoporosis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com